Manfaat Kurma Makanan Terbaik Berbuka Puasa
Kurma Makanan Terbaik Berbuka Puasa Source Image: Sokar Space/Shutterstock

Kenapa Kurma Jadi Makanan Terbaik Berbuka Puasa?

ERUDISI.com – Inilah alasan kenapa jadi berbuka puasa. Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma sebagai menu pembuka. Banyak sekali alasan kenapa buah satu ini jadi pilihan terbaik.

Kurma dan Kandungannya

Kurma sebagai salah satu makanan terbaik yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kita makan saat berbuka puasa. Banyak hadits yang meriwayatkan bagaimana Rasulullah menganjurkan kita memakan buah kurma.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiallahuanhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan kurma basah (ruthob), kalau tidak ada menggunakan tamr (kurma kering) dan jika tidak ada Rasulullah berbuka dengan seteguk air. Masya Allah darisana kita bisa mengetahui keutamaan kurma.

Kurma mengandung nutrisi lengkap mulai dari protein, karbohidrat, gula, zat besi, asam folat, Vitamin A, Vit B, mangan, antioksidan dan banyak lagi. Dalam penelitian menyebutkan dalam 100 gr kurma mengandung 280 kalori. Sangat jelas sebagian orang mengatakan bahwa kurma ini buah paling mengenyangkan.

Mengenal Jenis Kurma

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kurma yang beredar di pasar. Mulai dari kurma basah, kering dan kurma muda. Tapi yang sangat familiar antara lain kurma ajwa, kurma Madinah, palm fruit,  Tunisia,  Mesir,  mendjoll, sukkari, bam, khalas dan banyak lagi.

Perbedaan nama tersebut bisa berdasarkan tempat asal kurma atau bisa juga karena beberapa alasan. Kurma yang paling banyak disenangi masyarakat Indonesia adalah kurma ajwa atau kurma nabi. Tapi kurma jenis ini sedikit mahal dibandingkan lainnya.

Alasan Kurma Jadi Makanan Terbaik Berbuka Puasa

1. Makanan Mengenyangkan dan Pengurang Rasa Lapar

Kurma merupakan salah satu buah yang mengenyangkan dan pengurang rasa lapar. Hal ini dikarenakan kur-ma mengandung gula dan serat yang dapat mengurangi rasa lapar. Apalagi makanan ini memiliki asupan kalori yang tidak berlebihan dan baik untuk tubuh.

Sifatnya yang mengenyangkan ini memberikan cadangan energi bagi tubuh kita saat sahur dan berbuka.

2. Kurma Makanan Terbaik Untuk Pencernaan

Makanan ini mengandung serat yang bisa memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Apalagi saat berpuasa sebagian kita mengalami masalah sembelit sehingga kurma ini jadi pilihan terbaik insyaallah.

3. Makanan Bagus Untuk Mengontrol Gula Darah

Buah ini memang diklaim sebagai makanan pencegah diabetes. Kandungan serat pada kurma ini mencegah naiknya kadar gula darah seseorang. Apalagi menurut penelitian bahwa kadar glikemik dalam biah sangat rendah sehingga bisa mengatur gula darah dalam tubuh.

4. Sumber Cadangan Energi Terbaik

Biasanya saat berbuka merupakan ajang balas dendam bagi sebagian orang karena telah berlapar seharian. Jika tidak dikontrol dengan baik maka akan menyebabkan gangguan pada kerja lambung. Jadi kita perlu memberikan jeda kepada lambung untuk berkerja kembali setelah seharian berisitirahat.

Tentu saja kurma bisa jadi pilihan terbaik. Konsumsi kurma satu atau tiga butir saja sudah bisa mencukupi cadangan energi saat berbuka puasa. Apalagi setelah berbuka kita akan melaksanakan magrib jadi berbuka dengan kurma adalah pilihan terbaik dan energi kembali terpulihkan.

Hal ini karena kurma mengandung glukosa yang memberikan energi kepada tubuh.

Nah inilah beberapa alasan kenapa kurma makanan terbaik berbuka puasa. Semoga bisa menjadi jawaban atas pertanyaan selama ini mengapa buah ini sangat direkomendasikan sebagai menu pembuka saat berbuka.

Jangan lupa bagikan artikel-artikel kami ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

lebaran

Kenapa Kriminalitas Meningkat Menjelang Lebaran?

Di bulan Ramadhan angka kriminalitas relatif menurun namun menjelang hari raya Idul Fitri, angka kriminalitas …