Panduan makan saat sahur
Kurma Source Image: Getty

Kenapa Harus Bijaksana Saat Makan Sahur? Ini Jawabannya

ERUDISI.com – Bijaksana saat makan . Sebelum berpuasa kita disunnahkan untuk makan. Tapi jangan sampai makan kita malah jadi bumerang buat kita dalam menjalani selama satu hari.

Biasakanlah makan sahur sebelum berpuasa. Hal ini sangat membantu dalam menguatkan tubuh kita selama berpuasa seharian. Usahakanlah makan sahur dekat dengan waktu fajar. Dengan demikian cadangan energi yang kita miliki cukup sampai sehari penuh.

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Berikut tiga hal bijaksana saat sahur yang  wajib kita perhatikan.

Jenis makanan yang terbaik adalah kurma.

Tahukah bahwa kurma memiliki karbohidrat simpleks yang dapat segera diubah menjadi energi tanpa proses pencernaan kimiawi. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat energi di pagi hari.

Selain itu kurma juga memiliki kadar serat yang lebih tinggi dibanding tepung-tepungan. Sehingga, sebagai makanan pokok, kurma akan memberi sensasi kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi dalam jumlah yang sama.

Makanlah Nasi dalam Porsi Secukupnya

Tidak bisa kita pungkiri terutama bagi  orang Indonesia  nasi adalah makanan utama. Padahal nasi memiliki karbohidrat yang membuat kita mengantuk. Tapi tidak masalah.
Cuma makanlah nasi dalam porsi yang tidak banyak. Usahakan setelah makan nasi,  memakan kurma atau sumber karbohidrat simpleks lainnya (teh manis, kismis, madu, buah manis, dan sejenisnya).

Penting diingat bahwa banyak makan ketika sahur akan membuat sistem pencernaan kita bekerja sangat berat. Akibatnya, energi kita justru terkuras.

Belum lagi lambung yang kaget dapat terluka. Ini juga membuat energi kita terkuras untuk mengobati lambung. Jika lambung sudah terluka, maka akan berakibat mual bahkan muntah.

Ini justru membuat pasokan energi kita keluar lagi dan membuat tubuh semakin lemas saat kita berpuasa.

Bijaksana Saat Makan Sahur: Cukup Makan Satu Kali

Perlu diingat kita perlu bijaksana saat sahur. Jika kita sudah selesai makan sahur, tetapi fajar belum muncul, jangan memaksakan untuk makan lagi.
Mengistirahatkan tubuh kita sejenak lebih bijaksana dibandingkan memaksakan makan melebihi 1/3 lambung kita. Berhentilah makan sebelum kenyang.

Nah, Itulah tiga hal bijaksana yang perlu kita lakukan saat sahur, selain baik buat tubuh kita juga sangat aman sepanjang hari. Buktikan deh!

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

Check Also

lebaran

Kenapa Kriminalitas Meningkat Menjelang Lebaran?

Di bulan Ramadhan angka kriminalitas relatif menurun namun menjelang hari raya Idul Fitri, angka kriminalitas …