Manfaat Pijat Bayi Bagi Buah Hati

ERUDISI.com – Banyak sekali manfaat pijat bayi bagi buah hati kita. Untuk hal ini kita tidak juga bisa melakukan pemijatan sendiri lho. Pijat bayi sendiri

Juwita

Manfaat dan cara pijat bayi yang baik dan benar
Manfaat Pijat Bayi (Source Images: Liudmila.fadzeyeva/ Freepik)

ERUDISI.com – Banyak sekali bagi buah hati kita. Untuk hal ini kita tidak juga bisa melakukan pemijatan sendiri lho. sendiri merupakan sentuhan alamiah yang bisa dilakukan siapapun. Teknik memijat atau mengurut ini bisa dipelajari oleh siapa saja.

Pijat Bayi

Tahukah bahwa setiap gerakan yang dengan memijat pada dasarnya memiliki khasiat. Gerakan usapan misalnya bisa menenangkan anak dan jika gerakan lebih ditingkatkan akan bermanfaat bagi aliran darah si anak.

Tentu saja teknik memijat bayi bisa kita pelajari dengan bantuan tekhnologi. Karena pijatan sendiri hanya bersifat menenangkan bayi. Hal ini bisa dilakukan sejak bayi lahir dan pada waktu pagi hari sebelum mandi.

Manfaat Pijat Bayi

Banyak sekali manfaat pijat bayi ini, berikut beberapa hal yang bisa kita jabarkan mengenai khasiat dari memijat bayi:

1. Menghilangkan rasa tidak nyaman pada tubuh bayi

Ketika tubuh bayi dipijat, ini dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon oksitosin dan endorphin. Kedua hormon ini merupakan hormon pereda nyeri yang dapat menyamankan bayi saat tumbuh gigi, kolik dan stres.

2. Bisa mempercepat myelinasi

Myelinasi adalah proses perbaikan sistem saraf ketika jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin. Stimulasi pada kulit bayi melalui sentuhan pijat ini dapat mempercepat proses perbaikan sistem saraf tersebut.

3. Dapat melatih respon saraf

Melalui pemijatan memijat, menyebabkan tubuh bayi kaget disebabkan tekanan-tekanan pada tubuh. Tetapi dengan adanya suara, sentuhan dan aroma tubuh orang tua akan membuat tubuh bayi rileks. Dua kondisi berbeda ini bisa melatih respon saraf pada bayi.

4. Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi

Pemijatan dapat menstimulasi dan membantu sistem pencernaan. Bayi yang dipijat biasanya membuat dirinya nyaman dengan sentuhan dari orang terdekatnya sehingga kualitas tidurnya akan berpengaruh secara tidak langsung.

Percaya deh saat kita ayah dan ibu seorang melakukan usapan kepada anak, mereka akan merespon dengan tidur yang lelap, nyaman dan tenang.

5. Memperkuat Otot Bayi

Pemijatan sendiri bisa membangun bonding antara antara orang tua dan bayi. Saat memijat, akan ada kontak mata, kontak kulit, aroma tubuh dan suara. Hal ini secara tidak langsung terbangun bonding yang alami. Bayi juga bisa mengenal anggota tubuhnya.

6. Manfaat Pijat Bayi: Memperkuat sistem imun

Tahukah bahwa pijat secara alamiah meningkatkan jumlah sel pembunuh alami, yaitu kelompok sel darah putih yang bisa membunuh berbagai tipe sel yang terinfeksi virus. Hal ini bisa meningkatkan imun secara tidak langsung.

7. Membuat bayi lebih sehat

Banyak sekali manfaat kesehatan dari memijat bayi ini. Diantaranya dapat melegakan saluran napas yang menyempit karena asma, mengurangi gelisah dan depresi, sehingga serangan asma bisa berkurang.

8. Pijatan Bisa Membuat Bayi Tenang

Pijatan dapat meningkatkan kesiagaan dan mengurangi tangisan. Bila bayi jarang menangis, akan terjadi peningkatan berat badan dan meningkatnya aktivitas neurotransmitter, misalnya aktivitas perbaikan kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stres dan bertambahnya serotonin. Oleh karena itu, dengan pijatan, bayi akan merasa rileks dan bisa tidur lelap lebih lama.

Masya Allah, begitu banyak manfaat pijat bayi bagi buah hati kita ya. Yuk semangat belajar teknik pemijatan yang baik dan benar. Karena teknik sentuhan alami dengan memijat atau mengurut ini bisa dilakukan siapapun dengan catatan harus mempelajari terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Related Post