Tips Memperbaiki Keretakan dalam Hubungan

Dalam sebuah hubungan yang terus dijalani pasti banyak sekali permasalahan dan kesalahanpahaman yang terjadi. Hal-hal kecil yang dianggap sepele dibiarkan terus terpendam dalam hati tanpa mau menyelesaikan hal kecil tersebut. Akibatnya adalah sakit hati yang muncul dan dari situlah awal keretakan sebuah hubungan terjadi.

Namun, seringkali kita tahu bahwa hubungan terjalin bukan atas kecocokan seketika sejak awal, melainkan berawal dari ketertarikan dan pemahaman masing-masing, dimana dalam perjalanan hubungan tersebut muncul berbagai penyesuaian dan pengertian. Seiring berjalannya waktu ada sebuah kejadian yang berupa kesalahpahaman dan ketidakpercayaan yang sulit dimengerti akibatnya adalah hubungan tersebut akan semakin rapuh dan retak.

Namun jangan khawatir, saya memiliki beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperbaiki keretakan dalam hubungan :

1. Cari Tau Penyebabnya

Dengan mencari tau apa yang menyebabkan sebuah hubungan menjadi rapuh kita akan bisa keluar dan menyelesaikan dengan segera masalah tersebut. Misalnya pacar kita sangat cemburu dengan teman yang sangat dekat dengan kita. Kita harus segera menuntaskan masalah tersebut dengan melibatkan teman yang dekat dengan kita. Jika sudah pastilah sang kekasih memahami apa yang terjadi sebenarnya.

2. Jangan Mudah Marah

Emosi seseorang dalam merespon setiap permasalahan dapat berbeda-beda, ketersinggungan terhadap ucapan pedas yang menyakitkan hati umumya menjadi penyebab utama seseorang menjadi marah. Di sini anda harus bisa menahan diri untuk tidak mudah marah, jangan terprovokasi oleh hal-hal yang dapat menyulut kemarahan anda, jadilah seseorang yang penyabar dan lemah lembut, setiap manusia dikaruniai oleh Tuhan kemampuan untuk mengendalikan amarahnya, oleh karena itu latihlah dalam setiap saat kehidupan anda.

3. Saling Memaafkan

Tidak ada satupun manusia yang sempurna di dunia ini termasuk anda sendiri. Jika terjadi sebuah kesalahpahaman antara anda dan kekasih anda cepat dengan segera tuntaskan. Kesalahan besar, kecil itu juga merupakan kesalahan yang terkadang sulit sekali dimaafkan. Untuk itu anda perlu memiliki kebesaran hati supaya bisa menerima dan memaafkan apa yang sesungguhnya terjadi diantara kalian.

4. Perbarui Komitmen

Setelah kamu balikan dengan pasangan, maka langkah berikutnya adalah untuk memperbaharui komitmen, dimana kalian saling berbagi resolusi dan keputusan untuk hubungan kalian. Banyak pasangan yang dengan mudah melupakan komitmen mereka. Karenanya, konsistensi adalah hal penting bagi kalian untuk menjaga hubungan tetap hangat. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi kamu dapat membangun dan mempersiapkan masa depan bersama. Pahami kesalahan masa lalu dan nyatakan komitmen untuk tidak mengulanginya di masa depan.

5. Mulai Bekerja Sama

Jika selama ini anda merasa tidak perlu bantuan dari seorang kekasih untuk menyelesaikan tugas anda, mulailah membuka diri untuk terus berusaha menyelesaikannya secara bersama-sama. Komunikasi yang rutin dengan terus berusaha berdiskusi untuk menyelesaikan tugas tersebut supaya lebih mudah dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Itulah beberapa tips dari saya untuk memperbaiki keretakan dalam hubungan. 

Semoga Bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here