Mengenal Penyebab dan Tanda Gamophobia

ERUDISI.com – Gamophobia adalah ketakutan yang muncul dari dalam diri seseorang secara berlebihan untuk menjalin sebuah komitmen dan pernikahan atau takut menikah, gamophobia ini bisa

Arga Fica

Mengenal Penyebab dan Tanda Gamophobia foto:(pexels)
Mengenal Penyebab dan Tanda Gamophobia foto:(pexels)

ERUDISI.com – adalah ketakutan yang muncul dari dalam diri seseorang secara berlebihan untuk menjalin sebuah komitmen dan pernikahan atau , gamophobia ini bisa di alami oleh pria maupun wanita.

Ketika dua orang saling suka dan menyayangi satu sama lain, pasti dia ingin menjalin hubungan dan mendapatkan kepastian seperti komitmen menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan.

Namun karena beberapa hal penderita gamophobia ketika mendengar kata pernikahan dia memilih untuk menghindari topik pembicaraan tersebut, entah karena belum siap untuk menikah ataupun karena berbagai macam penyebab berikut.

1. Trauma

Bisa jadi seseorang takut untuk menjalin komitmen dan menikah karena salah satunya dia trauma, mungkin karena melihat orang tuanya yang sudah lama hidup di dalam pernikahan berakhir dengan perceraian.

Atau melihat temannya yang setelah menikah mendapatkan kekerasan dalam rumah tangganya, dia takut jika hal yang di alami oleh orang tuanya dan temannya dapat menimpanya.

2. Belum Siap Mental

Pentingnya mempersiapkan diri sebelum menikah memang sangat penting, namun jika dalam mempersiapkan mental sebelum pernikahan pikiran menjadi cemas, khawatir dan panik yang berlebihan bisa jadi itu salah satu tanda gamophobia.

3. Finansial Belum Mendukung

Tidak sedikit orang yang mempunyai pemikiran bahwa dirinya harus sukses sebelum menikah, meskipun umurnya sudah matang untuk menikah tapi finansial belum mendukung maka dia akan tetap memilih untuk sendiri.

Baginya masalah finansial sangat penting dan diperlukan untuk menunjang kehidupan pernikahannya esok bersama pasangannya, dia tidak ingin setelah menikah nanti pasangannya merasa kurang bahagia karena finansial yang belum stabil.

4. Takut Salah Pilih

Mungkin karena di masa lalunya dia terjebak dalam hubungan yang toxic seperti pernah ditinggalkan seseorang dan kepercayaan nya pernah dikhianati, sehingga dia takut jika suatu saat dia akan mengalami kejadian seperti itu.

Namun jika kita menemukan gejala ini ada didalam padangan kita, yang perlu kita lakukan adalah kita harus bisa menyakinkan nya bahwa kita tidak sama seperti seseorang yang telah menyakiti nya di masa lalunya.

5. Tidak Percaya Diri

Gamophobia juga bisa terjadi karena kurangnya rasa percaya diri, dia takut jika pernikahannya tidak akan berjalan dengan bahagia karena dia ragu akan bisa atau tidak nya menjadi suami atau istri yang baik untuk pasangannya atau tidak.

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab Gamophobia selanjutnya, perhatikan dengan baik-baik pasanganmu apakah sikapnya ada beberapa tanda-tanda dari Gamophobia berikut.

1. Malas Berbicara Tentang Pernikahan

Seseorang yang terkena gamophobia biasanya sebisa mungkin menghindari topik pembahasan tentang pernikahan meski dengan pasangannya, karena dia belum ada pikiran ataupun kesiapan untuk menikah dan bahkan tidak mempunyai rencana untuk menikah.

2. Selalu Menjalin Hubungan Singkat

Perhatikan hubungan di masa lalu pasanganmu apa penyebabnya dia dulu berpisah dengan kekasih masa lalunya, apakah karena orang ketiga, konflik atau sikap pasangan yang tidak bisa memberikan kepastian dan komitmen untuk pasangannya.

3. Menghindari Janji

Seseorang yang menderita gamophobia umumnya ketika diajak jalan atau berkencan dengan pasangannya, dia akan sibuk mencari alasan agar tidak jadi pergi bersama pasangan meskipun diawal dia sudah mengucapkan kata janji.

Kata janji baginya adalah sebuah kata yang biasa digunakan untuk menenangkan pasangannya, meski pada akhirnya dia akan berusaha menghindari janji yang telah dia ucapkan.

4. Kurang Perhatian

Penderita Gamophobia biasanya dia gampang berubah mood, jika pada umumnya seorang yang menjalin hubungan spesial selalu perhatian kepada pasangannya.

Penderita gamophobia akan mengabaikan perasaan pasangannya jika suasana hati lagi tidak mood, dia seperti tidak peduli dengan orang disekitarnya.

Jika kamu menemukan tanda-tanda gamophobia pada diri pasanganmu atau ada didalam diri kamu sendiri, segera lah untuk berbicara dan jujur tentang apa yang sedang kamu rasakan kepada pasanganmu.

 

 

Related Post