Mudik Nyaman dan Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Mudik merupakan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang telah berlangsung lama. Dan banyak orang lebih memilih kendaraan pribadi sebagai alternatif kendaraan mudik dibandingkan kendaraan umum. Karena selain lebih nyaman juga dianggap lebih aman.

Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda memilih kendaraan pribadi anda sebagai kendaraan mudik.

1. Memeriksa oli mesin

Periksalah oli mobil anda ketika akan melakukan mudik menggunakan mobil pribadi. Sebaiknya anda mengganti oli sebelum melakukan perjalanan mudik. Mudik akan memakan waktu yang lama, karena biasanya menempuh perjalanan yang jauh, belum lagi ditambah macet, ini akan membuat mesin cepat panas.

2. Memeriksa kondisi rem

Sudah menjadi hal lazim, akan terjadi kepadatan kendaraan saat mudik, bahkan tidak jarang terjadi kemacetan yang parah. Anda akan banyak sekali menggunakan rem kendaraan anda. Untuk itu, periksa kondisi rem kendaraan dan pastikan ia bekerja dengan baik. Gantilah oli rem anda jika perlu. Selain oli rem, periksa juga kampas rem, ganti yang baru jika memang perlu.

3. Periksa air aki dan lampu kendaraan

Kendaraan harus dalam kondisi prima untuk teman perjalanan mudik. Ketika anda menggunakan kendaraan pribadi, periksalah lampu sen, lampu rem, dan lampu depan. Periksa juga kondisi aki kendaraan, tambahkan air aki jika perlu atau telah berkurang.

Jika dirasa kondisi aki sudah kurang baik, sebaiknya ganti aki dengan yang baru. Perjalanan panjang membutuhkan perlistrikan mobil yang prima dan optimal. Hal ini dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan mudik anda.

4. Memakai baby set

Untuk anda yang mudik bersama balita, sebaiknya anda menggunakan baby set sebagai tempat duduk putra-putri anda, agar dalam perjalanan nanti anak anda bisa lebih aman dan terjaga.

5. Membawa mainan kesukaan anak

Mudik bersama anak, terutama anak balita, sebaiknya anda membawa mainan kesukaan mereka. Mudik akan memakan waktu yang lama dan menjemukan, sedangkan anak-anak tidak bisa diam dalam waktu yang lama. Karena itu mereka membutuhkan pengalih perhatian, tentu saja mainan kesukaannya.

Namun anda juga tidak perlu membawa mainan anak tidak terlalu banyak. Mintalah anak untuk memilih mainan mana saja yang menjadi favorit atau kesukaannya.

6. Istirahat dan kendorkan syaraf

Salah satu faktor terbesar penyebab kecelakaan saat mudik adalah mengantuk dan faktor kelelahan. Oleh karena itu, bila anda merasa lelah, beristirahatlah  di rest-rest area yang banyak disediakan berbagai pihak sepanjang jalur mudik. Jangan paksakan berkendara saat tubuh anda lelah dan mengantuk karena akan sangat berbahaya.

Anda juga bisa memilih masjid-masjid terdekat sebagai tempat beristirahat sehingga anda bisa beribadah sekaligus meregangkan otot-otot anda yang kelelahan.

Nah, siap mudik tahun ini? Semoga perjalanan mudik Anda senantiasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.