7 Jenis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Pada musim-musim tertentu seperti peralihan musim panas ke hujan biasanya akan muncul berbagai macam penyakit yang menyerang. Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan dengan mengatur gaya hidup yang sehat, maka akan rentan terjangkit penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Berbicara soal bakteri, berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan olehnya.

Daftar Penyakit Karena Bakteri

1. Tifus

Tifus atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini bisa menyerang berbagai kalangan usia jika mereka tidak bisa menjaga kebersihan makanan dan gaya hidupnya. Namun, penyakit ini lebih sering dijumpai pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak memiliki sistem imun yang belum kuat seperti orang dewasa.

Adapun gejala yang seringkali dijumpai diantaranya adalah demam tinggi, terutama menjelang malam hari. Menurunnya nafsu makan yang diiringi dengan sakit perut, mual dan muntah. Pada beberapa kasus juga dijumpai mengalami diare yang cukup parah. Jika bakteri sudah berkembang lebih jauh, seseorang akan bed rest di rumah sakit untuk perawatan intensif.

2. Tetanus

Mungkin penyakit ini sudah tidak asing di telinga kita, ya tidak lain adalah tetanus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani melalui sporanya. Seseorang yang mengalami luka bakar dan tidak ditangani dengan tepat, maka akan meningkatkan resiko terjangkit penyakit ini. Begitu juga dengan orang-orang yang mengalami luka oleh benda tajam yang sudah berkarat.

Karat pada benda tersebut sudah terkontaminasi dan harus segera dibersihkan dengan benar. Tetanus tidak bisa dianggap remeh, pasalnya jika tidak ditangani dengan cepat dan benar akan berakibat fatal bagi penderitanya.

3. Diare

Penyakit satu ini tidak mengenal musim, bisa terjadi kapan saja dan menyerang berbagai macam kalangan usia. Bakteri Escherichia Coli menjadi salah satu penyebab diare karena akan menginfeksi saluran pencernaan. Seseorang yang terjangkit penyakit ini biasanya akan mengalami dehidrasi, sakit perut yang hebat dan lebih sering BAB.

Beberapa orang yang tidak menjaga kebersihan makanan dan lingkungannya lebih rentan terjangkit diare, utamanya adalah anak-anak. Proses penyembuhan diare sendiri ada yang cepat, ada juga yang lama tergantung kondisi masing-masing.

4. Sifilis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum ini lebih sering terjadi pada kaum adam. Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan mengalami rasa tidak nyaman pada tubuhnya dan merasa ada yang tidak beres. Gejala awal yang seringkali dijumpai adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar limfa, utamanya di daerah yang mengalami infeksi.

5. Antraks

Penyakit antraks tidak bisa dianggap remeh mengingat penyakit ini bisa menyebabkan kematian seseorang. Bakteri Bacillus Anthracis menjadi penyebab seseorang terjangkit penyakit ini. Antraks bisa dibilang menjadi salah satu penyakit menular melalui perantara hewan.

Adapun gejala yang seringkali dijumpai diantaranya adalah nafsu makan berkurang, muntah yang tidak wajar, sulit bernafas, BAB berwarna hitam hingga munculnya borok pada kulit. Jika tidak segera mendapatkan perawatan intensif, maka akan berakibat fatal.

6. Disentri

Gejala dari penyakit ini adalah diare berdarah yang disertai dengan perut kram, mual dan muntah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Shigella yang menyerang saluran pencernaan. Perlu diketahui juga bahwa jenis bakteri ini cukup beragam, mulai dari jenis Shigella Dysenteriae serta Shigella Sonnei.

Penyakit ini menyerang berbagai kalangan usia dan masing-masing orang biasanya memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya. Adapun cara mencegah terjangkit disentri diantaranya adalah menjaga kebersihan tangan dan tidak mengkonsumsi sembarangan makanan dan minuman.

7. TBC

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat menular melalui udara, ya tidak lain adalah TBC atau Tuberkulosis. Bakteri Mycobacterium Tuberculosis menjadi penyebab seseorang terjangkit penyakit ini. Proses penyerangan bakterinya bermula dari udara yang terhirup, kemudian masuk ke dalam tubuh dan akan menyerang seseorang, terlebih jika sistem imunnya sedang melemah.

Seseorang yang positif terjangkit TBC membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhannya dan harus dilakukan tanpa putus. Jika pengobatan tidak berjalan lancar dan sering absen, nantinya penyakit ini akan bertambah parah dan membuat penderitanya lebih menderita. Proses penyembuhannya sendiri memakan waktu sekitar 6 bulan hingga 1 tahun lamanya.

Penutup

Itulah beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri di lingkungan sekitar kita. Agar tidak mudah terjangkit penyakit, sebaiknya menjaga gaya hidup dan mengkonsumsi makanan sehat. Olahraga teratur juga dibutuhkan untuk menjaga stabilitas sistem imun.