bayi jatuh dari ketinggian
Ilustrasi Tempat Tidur Bayi Source Image: The Sprunce

Pertolongan Pertama Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

ERUDISI.com – Pertolongan pertama jatuh dari tempat tidur. Banyak dari kita orang tua histeris saat dari tempat tidur. Padahal jika sudah terjadi hal paling penting kita lakukan adalah tetap tenang.

Anak-anak yang aktif memang butuh pengawasan ekstra. Tapi jika sudah terlanjur terjadi sesuatu yang membahayakan maka kita sebagai orang tua perlu tahu beberapa hal agar tetap tenang dan tidak panik.

Karena sejatinya kepanikan kita akan membuat suasana makin tidak nyaman bagi bayi kita. Berikut pertolongan pertama yang bisa kita lakukan saat bayi jatuh dari tempat tidur maupun ketinggian.

1. Tetap tenang dan fokus pada bayi

Ya, perlu kita ingat saat si kecil jatuh, maka orang tua wajib menghadapinya dengan tenang. Berusahalah tenangkan bayi sembari ayah atau ibu mengecek adakah kondisi tubuh si kecil. Seperti memar, benjolan atau berdarah.

2. Berikan dari Tempat Tidur

Jika kita menemukan ada luka ringan pada bayi. Segera bersihkan kemudian berikan salep. Begitu juga ketika kita menemukan ada benjolan pada tubuh bayi segera kompres dengan es.

3. Hubungi Layanan Medis Terdekat

Jika ayah ibu menemukan si kecil pendarahan atau tidak sadar maka segera hubungi Layanan Medis Terdekat agar segera ditindak lanjuti.

bayi jatuh dari ketinggian
Ilustrasi Tempat Tidur Bayi Source Image: The Sprunce

4. Pantau Kondisi selama 24 jam

Amati kondisi si kecil selama 24 jam. Apakah anak rewel, tidak nyaman, atau hal lain yang berubah. Jika tidak tetap berikan kenyamanan kepada mereka agar tidak ada efek trauma atas kejadian yang menimpanya.

5. Bawa ke Dokter Jika Terjadi Gejala Berkelanjutan

Ayah ibu bisa segera bawa ke dokter jika terjadi gejala berkelanjutan. Seperti anak rewel, darah yang tidak berhenti atau anak tidak sadarkan diri.

Pastikan pertolongan pertama yang kita berikan pada bayi membuat mereka nyaman dan jangan sampai mereka trauma.

.Jangan lupa hibur mereka agar melupakan kejadian menegangkan yang menimpanya. Tentu saja kejadian ini menjadikan pelajaran bagi ayah ibu dalam membersamai anak-anak.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

Check Also

Panduan MPASI Bayi 6 bulan

Panduan Pemberian Makanan Padat Pertama pada Bayi

ERUDISI.com – Ayah Bunda perlu panduan pemberian makanan padat pertama pada bayi? Apalagi bagi ayah …