Rekomendasi Masjid Untuk Itikaf di Jabodetabek

ERUDISI.com – Banyak sekali rekomendasi masjid untuk itikaf yang bisa kita jadikan referensi. Termasuk di wilayah Jabodetabek. Biasanya beberapa masjid biasanya memberikan kesempatan bagi yanh

Juwita

Masjid yang mengadakan Itikaf Selama Ramadhan
Rekomendasi Masjid Untuk Itikaf di Jabodetabek

ERUDISI.com – Banyak sekali rekomendasi masjid untuk itikaf yang bisa kita jadikan referensi. Termasuk di wilayah Jabodetabek. Biasanya beberapa masjid biasanya memberikan kesempatan bagi yanh berencana itikaf untuk melakukan pendaftaran.

Itikaf dan Keutamaannya

Secara bahasa itikaf artinya menetap pada sesuatu. Sementara secara syari berarti menetap di masjid dengan tata cara yang khusus disertai dengan niat.

Itikaf sendiri biasanya dilakukan pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan, seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Tujuan utama seorang hamba melakukan itikaf adalah mencari malam Lailatul Qadar dan menyibukkan diri dengan amalan shalih, tilawah Al-Qur'an, mentadaburinya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah Taala.

Salah satu tujuan itikaf di bulan Ramadhan adalah mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar dimana pada malam itu lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam itu malaikat turun ke langit bumi dan sejahtera pada malam itu bagi yang mengerjakan amalan shalih hingga waktu fajar.

Itikaf bisa dilakukan oleh wanita selama mereka bisa menjaga diri dan lebih diutamakan bersama mahram (suami atau anak). Pada saat itikaf ini dianjurkan untuk banyak berdoa, berzikir, sholat dan amalan shalih lainnya.

Rekomendasi Masjid Untuk

Jika Anda berminat untuk itikaf, berikut rekomendasi masjid untuk Itikaf di wilayah Jabodetabek yang bisa jadi referensi

1. Masjid Nurul Iman Blok M Square

Mesjid ini membuka pendaftaran peserta itikaf sebanyak 100 orang akhwat dan 100 orang Ikhwan. Sementara untuk kuota jamaah sholat malam sebanyak 500 jamaah. Beralamat di Blok M Square Lt. 7 Jakarta Selatan.

2. Masjid Al Fattah Jatinegara

Sholat malam di mesjid ini serasa sholat di Arab Saudi. Biasanya masjid ini juga membuka itikaf khusus Ikhwan. Tetapi untuk sholat malam terbuka untuk umum. Mesjid ini beralamat di Jl Jatinegara Timur no 48-50 Jakarta Timur

3. Masjid As Sunnah Bintaro

Mesjid As Sunnah Bintaro juga mengadakan Itikaf khusus Ikhwan. Beralamat di Jalan Nusa Jaya Pondok Aren Bintaro Sektor3A Tangerang Selatan.

4. Masjid Untuk Itikaf: Darussalam Kota Wisata

Mesjid yang berlokasi di Jl Boulevard Utama No 1 Kita Wisata Bogor ini juga membuka pendaftaran itikaf dengan kuota 210 Ikhwan dan 140 akhwat. Kegiatan yang diadakan adalah shalat tarawih dan qiyamullail. Halaqah Tahsin dan Tahfidz.

Imam Qiyamullail adalah Syaikh Abdul Karim Qasul dan Syaikh Abdurrahman Al Yamani.

5. Masjid Babussalam Depok

Mesjid yang beralamat di Jl Swadaya 3 No 40 Mekarsari Cimanggis Depok ini juga membuka pendaftaran itikaf bagi 100 jamaah. Selain Qiyamullail juga ada bimbingan bacaan Alquran.
Khusus untuk mesjid ini tidak diperkenankan membawa balita.

6. Masjid Soleh Hawa Ceger Jakarta Timur

Mesjid ini biasanya juga mengadakan Itikaf dan bagi peserta yang berencana untuk mendaftar bisa langsung ke lokasi yang beralamat di Jl Raya Ceger No 3 Kelurahan Cipayung Jakarta Timur.

7. Masjid As Syakirin Mekar Sari Depok

Biasanya setiap tahun mesjid ini selalu mengadakan Itikaf bagi peserta Ikhwan dan akhwat. Kegiatan yang dilakukan selain qiyamullail adalah bimbingan bacaan Alquran. Beralamat di Mekar Sari Cimanggis Depok.

Itulah beberapa rekomendasi masjid untuk itikaf yang bisa jadi referensi bagi umat muslim Jabodetabek. Sebenarnya masih banyak masjid lain yang mengadakan kegiatan itikaf ini.

Bisa saja masjid di sekitar Anda. Aktiflah bertanya pada pengurus masjid apakah di sana diadakan itikaf. Semoga Allah mudahkan kita meraih kemuliaan Lailatul Qadar. Semoga bermanfaat.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

 

 

Related Post