Teks Prosedur: Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Prosedur

Erudisi.com – Pernah dong kalian ketika membeli sesuatu melihat di bagian pinggir ada tulisan tata cara pemakaian? Ya, itu adalah contoh dari teks prosedur. Teks

Hilda Ayu

Erudisi.com – Pernah dong kalian ketika membeli sesuatu melihat di bagian pinggir ada tulisan tata cara pemakaian? Ya, itu adalah contoh dari .

Teks prosedur merupakan teks yang didalamnya terdapat tata cara melakukan suatu hal. Teks prosedur bertujuan agar pembaca mengerti langkah-langkah mengerjakan sesuatu.

Teks prosedur ini bisa berupa prosedur membuat makanan, minuman, cara melakukan aktivitas. Teks prosedur tentu diawali dengan kalimat perintah, karena di dalam teks ini memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai tata cara yang ada.

Struktur teks prosedur

Agar teks prosedur tertata dengan rapi dan memudahkan pembaca, tentu terdapat struktur teks. Adapun struktur teks prosedur diantaranya sebagai berikut:

1. Tujuan

Paragraf awal dari teks prosedur menjelaskan tentang tujuan, yaitu tujuan dituliskannya teks prosedur. Hal ini berguna supaya informasi yang diberikan jelas dan tahu arah penjelasan ini apa.

2. Material

Pada paragraf berikutnya, penulis menjelaskan tentang material atau barang-barang dan alat yang dibutuhkan untuk menjalankan atau membuat suatu hal tersebut.

Harus dijelaskan secara terperinci, sehingga pembaca bisa mempersiapkan barang dan alat. Material ini penting, sebab tanpa material, kita tidak bisa membuat sesuatu.

3. Langkah-langkah

Paragraf berikutnya menjelaskan tentang langkah-langkah atau proses atau tahapan langkah demi langkah supaya sesuatu yang kita inginkan tercapai dan berjalan semaksimal mungkin.

Harus dijalankan secara berurutan langkah-langkah yang telah dibuat. Tak hanya itu saja, harus logis dan sistematis dalam membuat langkah-langkah.  Tujuannya yaitu agar mudah dipahami oleh pembaca dan mudah diikuti oleh pembaca.

4. Kesimpulan

Paragraf terakhir berisi kesimpulan yang didalamnya menjelaskan inti dari teks prosedur. Kesimpulan bisa hanya dua atau tiga kalimat saja

Ciri – Ciri teks prosedur

Agar membedakan antara teks satu dengan teks lainnya, maka terdapat ciri khusus dari teks prosedur. Adapun ciri-ciri teks prosedur sebagai berikut:

1. Selalu menggunakan kalimat perintah seperti taruhlah barang itu diatas pot yang telah diberi tanah atau ambillah air dan letakkan di polybag

2. Memakai kata kerja aktif seperti menggunting, memakan, mengambil

3. Menggunakan kata hubung atau kata konjungsi seperti dan, lalu, kemudian, setelah itu

4. Adanya suatu panduan yang harus dilakukan atau suatu tata cara yang harus diikuti.

5. Menggunakan kata keterangan yang didalamnya menyatakan cara, tempat, dan waktu

Contoh Teks prosedur

Cara Membuat Nasi Goreng Menggunakan Bumbu Instan

Nasi goreng merupakan makanan khas dan menu andalan ketika malam hari bahkan ketika tiba-tiba lapar.

Nasi goreng sangatlah mudah untuk dibuat, apalagi di zaman sekarang yang mana serba instan sehingga ada beberapa brand yang mengeluarkan bumbu instan nasi goreng.

Namun, walau sudah ada bumbu instan, harus ada langkah-langkahnya nih dalam pembuatan nasi goreng.

Bagaimana cara membuat nasi goreng menggunakan bumbu instan? Berikut ini cara membuat nasi goreng menggunakan bumbu instan.

1. Siapkan bahan utama yaitu nasi putih, minyak goreng dan bumbu instan. Untuk bahan pelengkap seperti telur, sosis, ayam, pentol menyesuaikan aja.

2. Siapkan peralatan seperti sendok, wajan, sutil, dan kompor

3. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, lalu masukkan telur dan orak-arik hingga kecil-kecil. Setelah itu, masukkan nasi putih secukupnya. Aduk hingga nasi putih dan telur tercampur sempurna.

4. Robek bumbu instan dan tuangkan diatas nasi tadi. Aduk hingga rata. Jangan lupa masukkan sosis, ayam, pentol ke dalam masakan supaya terlihat lebih menarik.

5. Koreksi rasa, apabila dirasa kurang gurih dan asin bisa diberi dengan garam atau penyedap rasa.

6. Apabila dirasa terlalu pedas, bisa diberi tambahan kecap.

7. Jika dirasa sudah enak dan rasanya pas di lidah, matikan kompor.

8. Nasi goreng siap disajikan dan disantap.

Mudah bukan pembuatan nasi goreng menggunakan bumbu instan? Oleh karena itu, ayo teman-teman untuk membuat nasi goreng sendiri di rumah. Selagi bisa membuat sendiri, kenapa harus membeli.

Related Post