Tiga Cara Mempercepat Pengisian Daya

Mengisi daya dengan cepat dan bisa digunakan tahan lama adalah idaman setiap pengguna gadget. Namun sering terjadi ketika HP kehabisan daya, lalu kita mencharge HP begitu lama namun baterai kita juga terisi penuh. Tidak terisi dengan optimal.

Berikut ini adalah masalah yang harus diatasi agar pengisian daya kita bisa optimal.

1. Gunakan kabel charger bukan kabel data

Jika anda mengisi baterai menggunakan kabel data, biasanya akan memakan waktu lebih lama. Karena komponen dasar dari kabel data tidak ditujukan sebagai pengirim arus listrik atau untuk pengisian baterai saja akan tetapi juga terdapat kabel-kabel kecil yang berfungsi sebagai pengirim data. Sehingga kabel yang seharusnya mengirim arus secara maksimal harus terbagi.

Kabel data hanya memiliki kabel pengirim daya yang sangat kecil, sehingga arus yang masuk kurang optimal. Berbeda dengan kabel khusus pengisian daya atau kabel charger, karena seluruh komponen kabelnya dioptimalkan sebagai pengirim arus untuk mengisi daya HP anda.

Jadi jika ingin mengisi baterai HP dengan cepat dan optimal, gunakan kabel daya.

2. Gunakanlah charger standar dari pabrikan atau yang lebih tinggi

Jika anda mengisi daya HP menggunakan charger bawaan dari gadget yang masih original, maka pengisian akan lebih optimal, dibanding anda menggunakan charger milik merk lain yang lebih kecil kapasitasnya. Karena meskipun di situ tertera voltasenya sama, 3,5 volt misalnya, tetapi arus yang dialirkan akan berbeda.

Sebaiknya anda tidak men-charge HP menggunakan charger HP yang kecil arus dayanya. Tetapi gunakanlah charger standar (bawaan gadget) atau gunakan charger yang lebih memiliki arus lebih tinggi dari charger bawaan.

3. Kurangi aktivitas HP saat mengisi daya

Kita bisa melihat banyak sekali orang yang mengisi daya, sambil menggunakan HP mereka. Sebenarnya ini kurang direkomendasikan karena akan memperpendek usia baterai. Mengisi daya sambil terus digunakan, berarti ada dua aliran daya yang saling bertentangan, yaitu mengisi daya dan juga mengeluarkan daya.

Yang terbaik adalah, matikan HP ketika mengisi daya atau setidaknya menggunakan mode pesawat, apalagi ketika berada di area yang cakupan sinyalnya lemah.