Tips Cara Mengobati Nyeri Tenggorokan Secara Alami

Sakit atau nyeri tenggorokan merupakan gejala awal dari infeksi bakteri penyebab flu atau pilek. Selain bakteri sebagai penyebab infeksi tenggorokan, ada beberapa kebiasaan buruk lain sebagai penyebabnya, yakni terlalu banyak melahap makanan mengandung minyak dan kurang minum cairan serta kurang tidur dan merokok.

Biasanya, nyeri tenggorokan memang bisa disembuhkan dengan cepat dengan mengkonsumsi antibiotik, cuma antibiotik memiliki efek samping yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Selain itu, konsumsi antibiotik sembarangan, memiliki risiko lain, yakni bakteri menjadi kebal antibiotik, efek buruknya terhadap tubuh di masa depan, yaitu memicu pertumbuhan penyakit, seperti kanker tenggorokan dan penyakit terkait lainnya.

Agar nyeri tenggorokan cepat sembuh dan tidak mengalami efek samping dari penggunaan obat antibiotik, maka sebagai gantinya Anda bisa menggunakan pengobatan alami dengan efek sembuh lebih cepat, mudah dan murah serta tanpa efek samping.

Adapun cara cepat menyembuhkan sakit atau nyeri tenggorokan secara tradisional dengan efektif:

1. Berkumur air garam

Salah satu pengobatan tradisional paling mujarab untuk mengurangi efek sakit tenggorokan, peradangan dan pembengkakan di tenggorokan, yakni berkumur dengan air hangat dicampur satu sendok garam.

Garam, diketahui memiliki peran sebagai agen antiseptik dengan efek melegakan dan menghilangkan rasa sakit di tenggorokan dan mengatasi masalah terkait lainnya. Selain itu, garam juga ampuh membersihkan penumpukan lendir dengan cepat di tenggorokan.

Lakukan pengobatan alami itu tiga kali sehari sampai sembuh total.

2. Minum banyak air putih dingin atau hangat

Minum cukup air yang cukup dalam sehari dapat meningkatkan hidrasi tubuh dengan baik, apalagi ketika Anda sedang tidak tidak enak badan dan sakit tenggorokan yang disertai iritasi. Minum air putih bisa membantu membran mukus menjadi lembab dan membasmi bakteri serta menyembuhkan masalah peradangan.

Selain itu, Anda juga bisa memenuhi cairan tubuh dengan teh hangat atau sup hangat. Konsumsi cairan hangat dapat meringankan gejala nyeri atau sakit tenggorokan.

Minuman dingin seperti air atau jus juga membantu meredakan nyeri karena memberikan hidrasi pada tenggorokan. Minum cukup air juga meningkatkan perlumasan tenggorokan yang mempermudah menelan makanan.

3. Konsumsi madu

Madu adalah obat alami sakit tenggorokan yang paling manjur. Madu dikenal ampuh karena kemampuannya melawan infeksi kuman dan bakteri serta membantu proses penyembuhan. Madu bisa dikonsumsi bersama secangkir air hangat atau teh herbal.

4. Minum teh jahe

Teh jahe bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk sakit atau nyeri tenggorokan. Kandungan senyawa zingiberin pada jahe bisa membasmi racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Khasiat anti-inflamasi dalam jahe, juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat.

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup memiliki peran sebagai obat alami dalam memulihkan dan mencegah berbagai macam infeksi kuman dan bakteri penyebab timbulnya penyakit, termasuk sakit tenggorokan.

6. Kurangi mengkonsumsi makanan berminyak dan berhenti merokok

Makanan yang mengandung minyak dan rokok sama-sama memiliki efek melukai kesehatan tenggorokan. Dengan menghentikan keduanya, Anda bisa bernafas dengan lega dan mudah menelan makanan dengan baik.