Unsur dan Proses dalam Komunikasi

Proses komunikasi memiliki beberapa unsur pokok yang diperlukan yaitu komunikator, komunikan, pesan, media dan juga efek. Ada istilah baru yang sering membuat kita bingung yaitu komunikan dan komunikator, padahal itu hanyalah istilah penyebutan dalam konteks komunikasi.

Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan, sedangkan komunikan adalah orang yang menerima pesan atau informasi.

Proses komunikasi yang sering dilakukan adalah jenis komunikasi yang dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Komunikasi langsung atau komunikasi dua arah antar satu atau dua orang yang dilakukan secara berhadap-hadapan dan menggunakan media lisan sebagai alat penyampai pesan.

2. Komunikasi langsung melalui pesawat telepon. Komunikasi ini bisa dilakukan oleh satu atau dua orang yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan media tambahan berupa pesawat telepon.

3. Komunikasi tidak langsung, komunikasi ini adalah komunikasi yang dilakukan dengan tidak berhadap-hadapan antara satu atau dua orang yang melakukan tindakan komunikasi. Akan tetapi komunikasi dilakukan dengan media perantara berupa surat, email ataupun alat pengiriman pesan lainnya.

4. Komunikasi personal. Komunikasi ini adalah jenis komunikasi yang dilakukan antar individu dengan individu lainnya.

5. Komunikasi antar personal adalah komunikasi yang biasa dilakukan oleh sebuah organisasi. Jenis komunikasi ini dilakukan antara suatu individu dengan berbagai individu atau orang banyak.

6. Komunikasi sosial adalah komunikasi yang terjadi di dalam pergaulan masyarakat. Dalam pergaulan masyarakat sendiri sering disebut dengan pergaulan sosial atau interaksi sosial. Sehingga dalam pengertiannya dimasukkan dalam kelompok komunikasi sosial.

7. Komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan atau bisa dikatakan komunikasi verbal sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang dilakukan dengan bahasa isyarat atau bahasa tubuh.