Pengertian dan Syarat Costumer Service yang Baik

Customer service berasal dari dua kata, yaitu costumer yang berarti pelanggan dan service yang berarti pelayanan. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa customer service adalah seseorang yang memberikan pelayanan kepada nasabah atau pelanggan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sehingga menimbulkan rasa nyaman dan puas kepada pelanggan.

Seseorang yang bertugas sebagai costumer service harus bisa memberikan pelayanan, baik berupa jawaban dari pertanyaan pelanggan, maupun menerima keluhan-keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Customer service juga harus pandai dalam menyelesaikan masalah dan juga harus bisa memberikan jalan keluar kepada pelanggan ketika seorang pelanggan menghadapi permasalahan.

Untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan, costumer service harus memiliki beberapa syarat antara lain:

1. Syarat fisik

Seorang customer service dituntut untuk bisa menjaga kesehatannya. Karena costumer servis harus selalu tampil prima dan penuh optimisme, tidak boleh terlihat lesu dan kurang bersemangat. Seorang customer service juga harus mudah bergaul, murah tersenyum, karena senyum bagi customer service adalah modal dalam menjual, baik produk jasa maupun produk konsumsi. Tentunya senyum dengan ketulusan hati bukan senyum yang dibuat-buat.

Seorang customer service harus tampak berwibawa, sehingga seorang customer service harus tegap badannya. Tuntutan lain dari customer service yaitu lancar dalam berbicara, pandai dalam mengarahkan pembeli, tidak boleh ketus dalam bersikap, sehingga dapat membuat orang yang diajak bicara merasa senang dan nyaman.

Seorang customer service juga harus berpakaian bersih, berpenampilan rapi, wajahnya bersih, matanya sehat, agar dalam mengenalkan produk kepada pelanggan maupun dalam melayani pelanggan dapat memberikan efek kepuasan dan juga kenyamanan bagi pelanggan.

2. Karakter mental customer service

Selain syarat fisik, seorang customer service juga harus memiliki syarat mental yang bagus. Seorang customer service harus cerdas dalam menyelesaikan masalah, mampu memberikan pemecahan masalah dan memberikan jawaban alternatif kepada pelanggan.

Selain itu seorang customer service juga harus pandai berinisiatif, bertanggung jawab dan juga harus teliti dan berhati-hati dalam menyampaikan ucapannya kepada pelanggan.

Sehingga seorang customer service dituntut untuk santun dalam berbicara, bijak dalam mengambil keputusan dan halus dalam budi pekerti. Sikap tenang, sabar, tabah, pandai bergaul, memiliki kemampuan berbicara yang baik, inilah tuntutan utama yang harus dimiliki oleh seorang customer service yang baik.