10 Mesin Pencari Khusus dari Google

Google memiliki banyak mesin pencarian khusus, berikut adalah 10 di antaranya.

Google adalah mesin pencari terbesar di dunia. Kita sudah begitu familiar dengannya, bisa dikatakan hampir semua orang yang menggunakan internet, pasti tahu apa itu Google.

Bersama-sama dalam Google Search, Google juga memiliki sejumlah ‘pencarian tersembunyi’, termasuk yang menggunakan kode-kode tertentu untuk pencarian khusus tertentu pula, seperti jadwal pemutaran film, informasi stock, kalkulator, dan banyak lagi.

Mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi khusus atau group-group khusus dari halaman web, dikenal dengan istilah verticle search engines. Sedangkan Google sendiri juga menyebutnya sebagai ‘specialized search’ atau pencarian khusus. Dan ya, Google memiliki sejumlah mesin pencarian khusus ini.

Banyak di antaranya langsung terintegrasi dengan mesin pencarian utama Google, sehingga tidak terlihat adanya perbedaan dari pencarian biasanya, dan hanya terlihat bila Anda mengubah setelan pencarian Google. Memang, menggunakan mesin pencari utama Google, Anda pun sudah hampir bisa menemukan apapun yang Anda cari. Namun, jika Anda mencari sesuatu yang benar-benar spesifik, akan menghemat waktu jika Anda langsung menggunakan pencarian khusus milik Google.

Berikut 10 pencarian khusus Google yang bisa Anda gunakan:

google cendekia1. Google Cendekia

Jika Anda mencari hasil riset-riset akademis, maka Anda bisa menggunakan Google Cendekia, karena memang ditujukan khusus untuk menemukan riset-riset akademis.

Dari sini, Anda memang tidak akan mendapatkan akses ke semua naskah (banyak hasil riset menggunakan akses berbayar), tapi Anda tetap dapat mengakses seluruh jurnal riset yang bersifat terbuka, juga sangat membantu sebagai awal melakukan riset.

google shopping2. Google Shopping

Dulu dikenal dengan nama Froogle atau Google Product Search, adalah mesin pencarian khusus untuk, ya… berbelanja. Anda bisa memanfaatkan Google Shopping untuk menemukan trend belanja terkini misalnya (pencarian biasa), atau Anda juga bisa melakukan pencarian lebih dalam untuk produk tertentu dan membuat perbandingan. Anda bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan harga, merek, toko penjual atau ketersediaan lokal.

Ya, hasil pencarian akan menampilkan baik produk yang tersedia online maupun oleh toko lokal. Namun untuk toko lokal, mungkin Anda tidak akan menemukan banyak vendor tersedia, karena itu tergantung dari lokal yang mendaftarkan list produk mereka ke Google Shopping.

google finance3. Google Finance

Google Finance adalah mesin pencarian khusus untuk urusan finansial, seperti harga saham dan berita-berita ekonomi dan keuangan. Anda dapat mencari perusahaan tertentu, melihat trend dan sebagainya.

google news4. Google Berita

Google News ini hampir serupa dengan Google Finance, yaitu berupa portal konten sekaligus mesin pencari. Saat Anda tiba di halaman depan Google News, Anda disuguhi rangkuman berita-berita dari berbagai media (surat kabar dan majalah). Tapi, Google News menampilkan informasi dari blog atau website lainnya.

Anda bisa mengatur tampilan Google News, mencari berita pada topik tertentu atau menyetel Google Alerts untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada informasi terbaru pada topik yang Anda sukai.

google patents5. Google Patents

Ini adalah mesin pencarian khusus Google berikutnya. Google Patents membolehkan Anda mencari dan menemukan paten dari seluruh dunia berdasarkan topik paten, nama dan sebagainya.

Setelah menemukan, Anda kemudian dapat melihat dokumen secara lengkap atau pun mengunduhnya dengan format pdf.

google trend, mesin pencarian search engine6. Google Trends

Google Trends bisa dikatakan adalah mesin pencarinya mesin pencari. Karena ia mengukur fluktuasi dan popularitas relatif dari suatu kata kunci pencarian dari waktu ke waktu.

Anda bisa menggunakannya untuk mengukur trend umum yang sedang terjadi. Anda juga bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan topik, rentang waktu, negara dan banyak lagi.

google videos7. Google Video

Awalnya, Google Videos dibuat sebagai layanan upload video untuk menyaingi Youtube. Tapi akhirnya Google menyerah untuk membangun portal video streaming dari nol dan lebih memilih membeli Youtube. Kemudian akhirnya Google Videos dialihkan sebagai mesin pencari khusus video.

Google Videos memang sebuah mesin pencari video yang hebat. Anda bisa menemukan video Youtube (tentu), tapi Anda juga bisa menemukan konten video dari penyedia lainnya seperti Vimeo, Vine dan layanan hosting video lainnya.

google books8. Google Buku

Google Buku (Google Books), adalah mesin pencarian untuk menemukan informasi buku, baik buku cetak maupun buku digital.

Juga bisa menemukan perpustakaan pribadi dari ebook yang pernah Anda upload, atau buku Anda yang telah terjual melalui Play Books.

google penerbangan9. Google Penerbangan

Google Flights atau Google Penerbangan, adalah mesin pencari khusus untuk menemukan jadwal penerbangan. Anda bisa menemukan dan membandingkan banyak airlines, kemudian menyaringnya berdasarkan harga, durasi penerbangan, waktu pemberangkatan dan sebagainya. Google Flights adalah mesin pencari yang sama digunakan oleh banyak situs-situs travel saat ini.

google penelusuran khusus10. Google Penelusuran Khusus

Atau Google Custom Search Engine (CSE), adalah mesin pencari yang bisa Anda atur sendiri. Dengan Google Penelusuran Khusus, Anda bisa membuat mesin pencari khusus untuk kebutuhan website Anda, seperti misalnya mesin pencari ini, dibuat untuk hanya menampilkan hasil pencari dari portal-uang.com dan erudisi.com.

Google Penelusuran Khusus juga menampilkan iklan, sama seperti hasil penelusuran Google biasanya. Lebih jauh Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi partner Google Adsense dengan menampilkan iklan di hasil pencarian Google CSE. Untuk membuatnya, silakan baca panduannya di: Cara Membuat Penelusuran Khusus Google

Nah, itulah beberapa mesin pencari khusus dari Google yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan informasi dan konten spesifik sesuai kebutuhan Anda.

Salam.