4 Syarat Mutlak Agar Mudah Diterima Pekerjaan – Baru-baru ini, sebuah perusahaan pertelevisian swasta nasional sedang membutuhkan 1000 orang tenaga kerja baru.

Namun, fenomena yang terjadi adalah sekitar 5000 ribu orang memadati sebuah tempat, katakanlah stadion, untuk mengikuti tes tertulis yang diadakan perusahaan televisi tersebut.

Ide baru via BigThink.Com

Tak disangka, momen tersebut pun dibukukan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai perusahaan swasta yang mampu mengadakan tes saringan masuk kerja dengan jumlah peserta terbanyak di Indonesia. Fenomena seperti apakah ini?!

Mungkin, mungkin saja hal tersebut memang pernah terjadi. Seandainya hal tersebut memang terjadi, mungkin sobat adalah salah satu peserta tes tersebut. Mungkin saja.

Yang jelas, jika kita ingin bekerja pada sebuah perusahaan baik negeri maupun swasta di kota-kota besar, minimal ada 4 syarat mutlak agar mudah diterima pekerjaan yang harus kita miliki. Prestasi, Koneksi, Komisi dan Negosiasi.

Minimal, satu dari ke empat hal yang saya sebutkan tersebut harus kita miliki. Tanpa salah satunya, sama halnya dengan mengangkut gajah menggunakan sebuah sepeda motor butut. Dengan kata lain, mustahil!

4 Syarat Mutlak Agar Mudah Diterima Pekerjaan

Prestasi, yaitu seberapa banyak prestasi yang telah sobat muda raih. Dalam hal ini, termasuk IPK (Indeks Prestasi Akademik), nilai ijazah, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, seminar dan pelatihan yang diikuti, kursus, atau prestasi pada kegiatan yang pernah diikuti.

Koneksi, yaitu seberapa luas jaringan yang telah sobat muda miliki, termasuk didalamnya terdapat saudara, teman, kerabat, tetangga, kenalan atau siapa saja yang menjadi relasi dan bisa mereferensi-kan sobat untuk bisa bekerja pada sebuah perusahaan.

Komisi, yaitu seberapa tebal “amplop” yang akan diberkan sebagai tanda pemulus dan terima kasih. Sebuah fenomena yang banyak terjadi pada seleksi masuk pegawai negeri. Nilainya pun sangat beragam, tetapi tidak harus dengan uang atau barang. Membalas jasa bisa dijadikan sebagai tanda terima kasih.

Negosiasi. Untuk poin ini adalah bagaimana cara sobat menerapkan teknik lobi-lobi dan bagaimana cara meyakinkan interviewer ketika sobat sedang wawancara pekerjaan. Kalau sobat pintar melakukan basa-basi, kemungkinan diterima juga besar.

Alangkah beruntungnya jika sobat muda memiliki salah satu atau bahkan semua dari 4 syarat mutlak agar mudah diterima pekerjaan yang saya sebutkan diatas tadi.

Akan tetapi, sayang sekali jika potensi dan kelebihan sobat hanya disalurkan pada sebuah wadah yang disebut perusahaan untuk menjadi seorang karyawan.

Well.. Mengapa demikian? Sobat muda akan sulit menjadi raksasa yang siap berkontribusi buat negara, apalagi seorang bintang yang menerangi negeri ini.

Ingat! Negeri ini sekarang berada dalam kegelapan karena sistem yang dibentuk tidak mengarahkan kita untuk menjadi luar biasa, melainkan menjadi karyawan yang biasa-biasa saja.

Keempat hal tadimerupakan aset luar biasa jika sobat muda memilih berkarier di dunia bisnis. Kelebihan yang sobat muda miliki tersebut harus disalurkan pada wadah yang tepat; wadah yang bisa menampung dan memaksimalkan potensi sobat muda hingga bisa melewati batas!

Mulai sekarang, carilah wadah yang tepat untuk mencurahkan potensi yang sobat miliki. Bagaimana menurut sobat muda?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here