5 Cara Mengatasi Rasa Takut

ERUDISI.com – Rasa ketakutan yang berlebihan jika ada didalam diri manusia bila tidak segera diatasi, maka akan bisa menjadi penghambat atau penghalang untuk dirinya sendiri.

Arga Fica

5 Cara Mengatasi Rasa Takut (Sumber foto:pixabay)
5 Cara Mengatasi Rasa Takut (Sumber foto:pixabay)

ERUDISI.com – yang berlebihan jika ada didalam diri manusia bila tidak segera diatasi, maka akan bisa menjadi penghambat atau penghalang untuk dirinya sendiri.

Ketika takut seseorang cenderung enggan untuk mencoba dan melakukan suatu hal yang membuatnya takut, sehingga mereka lebih menghindari ketakutan tersebut.

Ketakutan membuat seseorang merasa cemas dan khawatir akan sesuatu yang dia sedang jalankan ataupun yang akan dia jalankan.

Ketakutan biasa muncul karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nya seperti phobia, saat berada pada situasi yang kurang mendukung, takut terjadi masalah, takut gagal, menutut diri harus sempurna hingga karena kurang percaya diri.

Sebenarnya rasa takut terhadap sesuatu itu wajar namun jangan terlalu fokus pada hal yang membuat kita takut, oleh dari itu kita harus bisa mengatasi dan yang muncul didalam diri kita dengan cara berikut.

Inilah :

1. Percaya diri

Percaya pada kemapuan diri sendiri merupakan hal utama yang harus dilakukan sebagai cara membentuk rasa percaya diri didalam diri manusia, sehingga orang yang mempunyai rasa percaya diri yang kuat terlihat mempunyai pembawaan diri yang baik dan positif karena auranya terpancar keluar.

Percaya diri dapat membuat seseorang lebih tegas dan mampu berfikir secara dewasa sehingga ketika dia mengalami ketakutan maka dia akan segera mengatasi rasa tersebut dengan caranya sendiri.

2. Hadapi Ketakutan

Bisa jadi ketakutan yang sedang kamu pikirkan merupakan ketakutan yang belum tentu akan terjadi, untuk itu berhentilah memikirkan tentang sesuatu hal yang dapat menakuti diri sendiri karena hal tersebut dapat membuat kita takut untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Jika kita merasa takut dan cemas tentang suatu hal yang akan kita lakukan, maka jangan fokus pada pemikiran yang menjerumus pada kegagalan dan pikiran negatif lainnya. Kita hanya perlu memikirkan solusi agar semuanya yang akan kita lakukan dapat berjalan dengan lancar, cobalah untuk selalu positif thinking.

3. Meminta Bantuan Orang Lain

Saat kita tidak tau lagi harus bagaimana dan berbuat apa karena efek yang ditimbulkan dari rasa ketakutan dari dalam diri yang begitu kuat, maka kita harus meminta bantuan orang yang kita percayai.

Jangan takut dan malu untuk bercerita kepada orang lain jika memang kita sendiri pun tidak tau lagi harus bagaimana. Biasanya saran dan pendapat dari orang lain mampu membantu kita keluar dari masalah yang kita hadapi dan juga saran dari orang lain mampu mengubah cara pandang pikiran kita menjadi terbuka.

4. Menenangkan Diri

Disaat ketakutan datang maka sebisa mungkin kita mencoba untuk menenangkan diri kita dengan cara cobalah ambil nafas pelan-pelan lalu hembuskan, ulangi cara tersebut beberapa kali sampai perasaan dan pikiran kita menjadi tenang.

Bisa juga menaruh tangan di dada untuk menenangkan hati dan juga pikiran kita ditengah rasa ketakutan yang sedang kita alami.

5. Membaca Kalimat Motivasi

Membaca motivasi dapat membangkitkan semangat seseorang, karena setiap kalimat motivasi terdapat kalimat yang mampu mendorong hati kita juga dapat membuka pikiran kita untuk tidak takut atau berani mencoba.

Kalimat motivasi selain bisa membangkitkan rasa semangat juga dapat memberikan ketenangan bagi diri kita, jadi tidak ada salahnya ketika kita merasa takut gagal maka kita mencoba membaca kalimat motivasi tersebut.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk dengan ketakutan, jangan karena ketakutan jalan kita menjadi terhalang. Teruslah untuk mencoba yang ada didalam diri kita dengan menerapkan cara-cara di atas, semoga ketakutan yang ada didalam diri kita segera teratasi.

Related Post