Adolf Hitler-Sang Fuhrer Jerman

erudisi.com – Rudolf Adolf Hitler, apa kalian pernah mendengar nama tersebut? ya, Rudolf Adolf Hitler atau yang lebih dikenal dengan Hitler merupakan pemimpin Partai Nazi Jerman. Hitler terkenal dengan kekejamanya, karena telah ‘membantai’ umat yahudi antara tahun 1939 sampai dengan 1945.

Fuhrer merupakan gelar yang diberikan kepada Hitler yang berarti pemimpin. Hitler bukan hanya seorang pemimpin dari Partai Nazi, namun juga sebagai Kanselir Jerman pada tahun 1933 sampai 1945. Sudah banyak buku-buku maupun film yang mengulas dan mengisahkan tentang Hitler. Berikut ulasan singkat tentang Hitler yang telah di rangkum.

1KELAHIRAN HITLER

Hitler sewaktu muda

Hitler lahir pada tanggal 20 April 1889 di kota Gastof Zum Pommer, Austria. Hitler merupakan anak ke empat dari enam bersaudara dari pasangan Alois Hitler dan Klara Polzi. Masa kecil Hitler dihabiskan berpindah pindah mengikuti orang tua. Saat Hitler berumur tiga tahun keluarga Hitler pindah dari Austria menuju Passau, Jerman. Pada tahun 1894 keluarga mereka pindah lagi ke Leonding, sampai akhirnya pindah dan menetap di sebuah lahan kecil Hafeld, dekat Lambach pada tahun 1895. Saat keluarga Hitler menetap dan mulai membangun pertanian di lahan ini, Hitler mulai bersekolah di kota  Fischlham yaitu kota tetangga. Saat ayah Hitler gagal membangun pertanian di Hafeld, keluarga beliau berpindah ke pusat kota Lambach. Di kota ini Hitler kecil yang masih berusia 8 tahun mulai mengikuti pelatihan tarik suara dan bernyayi di Gereja. Sejak kecil, Hitler memiliki jiwa percaya diri tinggi, pintar dan mudah bergaul, namun saat kematian adiknya merubah kepribadiannya menjadi lebih murung dan emosional. Hitler merupakan seorang yang memiliki jiwa nasionalis, sangat mencintai Jerman terbukti dengan membenci Monarki Habsburg. Kematian Alois Hitler, pada tanggal 3 Januari 1903 membuat Hitler semakin terpuruk, prestasi sekolah menurun drastis dan sempat frustasi tidak memiliki masa depan.

✔ Populer :  Pearl Harbor - Kuburan Angkatan Laut Amerika

 

2MASA REMAJA HITLER

Salah satu lukisan karya Hitler

Setelah kematian ayahnya yang mendadak dan sempat frustasi, Hitler muda mulai bersekolah kembali dan akhirnya menjadi buruh pabrik biasa. Mulai tinggal sendirian di Bohemia, Wina pada tahun 1905. Sempat mencoba peruntungan menjadi Pelukis dan menjual hasil karyanya, namun pada saat Hitler mencoba sekolah di Akademi Seni Rupa Wina, ia selalu di tolak. Dua kali di tolak di sekolah Seni Rupa membuat Hitler tak patah arang, dia mencoba menjadi arsitektur, namun tetap saja gagal lagi. Setelah kematian ibundanya pada tahun 1907 membuat Hitler terpaksa tinggal di penampungan tunawisma.

 

3BERGABUNG DENGAN MILITER

Hitler bersama kawan-kawannya di Resimen Infantri Cadangan Bayern ke 16

Saat perang dunia I berkobar pada tahun 1914 membuat Hitler masuk militer secara sukarela membela Jerman, walaupun sebenarnya Hitler merupakan orang Austria. Hitler bertugas di kesatuan Angkatan Darat Bayern dan ditempatkan di Resimen Infantri Cadangan Bayern 16. Pertempuran pertama kali di alami oleh Hitler adalah pertempuran Ypres Pertama sebagai Grefeiter atau pembawa berita yang bertugas di belakang garis depan pasukan. Saat bertugas menjadi tentara, Hitler mendapat penghargaan, antara lain :

  • Iron Cross, Second Class ( 1914 )
  • Iron Cross, First Class ( 1918 )
  • Black Wound Badge ( 1918 )

Saat Hitler mengetahui Jerman menyerah pada perang dunia I, membuat ideologi Patriotisme Hitler semakin kuat. Dia percaya Jerman kalah bukan karena kelemahan militernya namun karena orang-orang Jerman sendiri terutama yang berpaham Marxis.

✔ Populer :  Perang Arab Israel ~ Gejolak Timur Tengah

 

4MASUK DUNIA POLITIK

Hitler saat berpidato dalam sebuah kongres

Sesaat setelah perang dunia I berakhir, Hitler masuk dalam dunia politik. Pertama dia bergabung dalam DAP (Partai Pekerja Jerman) sebagai intelijen yang ditugaskan oleh kesatuannya. Setelah beberapa lama mengawasi dan menjadi bagian DAP, Hitler mulai tertarik dengan pendiri partai ini, yaitu Anton Drexler yang antisemit, nasionalis, anti-marxis dan anti-kapitalis. Karena Hitler adalah orang yang sangat membenci Marxisme, karena dianggap sebagai biang keladi kekalahan Jerman, membuat DAP adalah tempat yang cocok untuk dirinya menerjuni dunia politik ditambah lagi kemampuan pidato Hitler yang hebat membuat ia di panggil dan menjadi anggota partai resmi ke 55. DAP berubah nama manjadi NSDAP ( Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional ) dan Hitler mulai mundur dari dinas kemiliteran pada tahun 1920, karena memilih bekerja purna waktu bersama NSDAP.

 

5HITLER MENJADI KANSELIR JERMAN

Hitler, sesaat setelah dilantik menjadi kanselir Jerman

Pada tanggal 30 Januari 1933, negara Jerman tidak memiliki pemerintahan yang efektif. Akhirnya membuat 2 politikus ternama seperti Frans von Papen dan Alfred Hugeberg beserta industrialis beserta lainnya mengangkat Hitler sebagai Kanselir. Pada saat menjadi Kanselir inilah, Hitler mendapat gelar “Fuhrer Und Reichskanzler” atau Pemimpin dan Kanselir Reich.

 

7HOLOCAUST

Kamp terbesar, kamp kematian Auschwitz

Pada saat Hitler memimpin Jerman, Hitler berpandangan bahwa kaum yahudi adalah musuh besar bangsa Jerman. Pada saat itu Hitler memerintahkan tentaranya untuk menjadikan kaum yahudi budak di kamp-kamp pekerja tanpa upah atau dibunuh. Pada tahun 1942, Hitler memutuskan untuk menghabisi kaum yahudi. Dengan dibangunnya kamp kosentrasi dan kamp pemusnahan, Hitler memulai untuk menjalankan rencananya. Salah satu kamp yang terbesar adalah kamp Auschwitz, kamp yang menjadi mimpi buruk kaum yahudi. Lebih dari 6 juta kaum yahudi meregang nyawa di kamp-kamp kematian ini akibat kamar gas maupun kelaparan sebagai buruh paksa.

 

8KEKALAHAN JERMAN DAN KEMATIAN SANG FUHRER

Sebuah koran yang memberitakan sang Fuhrer telah mati

Serangan oleh tentara merah Rusia dan Sekutu membuat Jerman semakin terdesak dan memaksa pasukan Jerman ditarik kembali ke dalam negara. Pada tanggal 20 April 1945, Hitler lari ke “Fuhrer Bunker” ( Persembunyian Fuhrer ). Saat semua angkatan besenjata Jerman mulai “rontok” atas gempuran pasukan merah dan sekutu, Hitler mulai merasa kalau Jerman akan kalah dalam peperangan ini. Pada saat sebelum kekalahan, Hitler memutuskan untuk menikahi kekasih lamanya, Eva Braun di Fuhrer Bunker dengan pesta kecil di ruangan peta bunker tersebut. Bagi Hitler, menyerah adalah tindakan memalukan dan akhirnya sebelum Jerman benar-benar jatuh ketangan tentara merah, 30 April 1945 Hitler bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri dan Eva Braun menggigit kapsul sianida. Berlin benar-benar jatuh pada tanggal 2 Mei 1945.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.