Rumania : Peristiwa Sejarah Amarah Rakyat Di Dunia

Sejarah merupakan masa lalu setiap kehidupan , baik itu perorangan maupun kelompok masyarakat besar atau yang yang disebut bangsa. Seringkali sejarah menjadi titik balik kebangkitan suatu negara memperoleh  kehidupan yang lebih baik.

Kembali ke >>> Sejarah Afrika Selatan

TUMBANGNYA REZIM KOMUNIS RUMANIA OLEH RAKYAT

  • SEJARAH PEMERINTAHAN KOMUNIS RUMANIA

Rumania merupakan sebuah negara komunis yang diperintah oleh Presiden Nocolae Ceausescu ( baca : Nikolai Chos-shes-ku ). Ia dkenal pemimpin bertangan besi, diktator sangat kejam menindas rakyat dengan sewenang-wenang , kecuali itu, Ceasescu hidup bermewah-mewah, menumpuk kekayaan negara untuk kepentingan pribadi.Kekejaman dan Keraku-sannya melebihi dari Mantan Presiden Philipina , Marcos.

  • AWAL MULA KEMARAHAN RAKYAT

Pada tanggal 15 Desember 1989 , terjadilah unjuk rasa besar-besaran di kota Timisoara. Rakyat yang mengikuti unjukk rasa tersebut dibantai oleh pasukan Ceausescu, sekitar 4.700 pengunjuk rasa tewas.

Tiga hari kemudian Ceausescu berpidato dalam rapat di Beukares, ibukota Rumania. Ketika itu terjad unjuk rasa lagi dan semkin bertambah dari unjuk rasa yang dilakukan di kota Timisoara. Namun tanpa ampun juga pasukan pemerintah / Ceausescu dengan panser dan tank-tank membantai mereka, sekitar 60.000 rakyat tewas sia-sia.

  • PERLAWANAN DAN TUMBANGYA KOMUNIS OLEH RAKYAT

Karena pembantaian besar-besaran itu , maka sebagian tentara-tentara memihak rakyat. Pada tanggal 22 Desember 1989 , tentara dengan dukungan rakyat yang berjumlah sekitar 50.000 orang menyerbu Istana Presiden dan membakarnya. Ceausescu dan istrinya melarikan diri namun pada akhirnya yaitu ke’esokan harinya Ceausescu dan istrinya tertangkap di terowongan bawah tanah di kota Bukares.

Pada tangal 25 Desember 1989, diktator komunis Ceausescu dan istrinya ditembak oleh regu penembak yang berjumlah 100 orang .Dengan demikian hancurlah rezim diktator oleh rakyat.Demikian informasi yang bisa saya share, sebetulnya masih banyak sekali aksi aksi kemarahan rakyat yang lain di belahan dunia ini, namun pada kesempatan lain kali admin akan sedikit membahasnya lagi. Sebesar apapun kekuasaan pemimpin negara yang diktator, namun jika rakyat marah akan hancur pula kekuasaanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here