Amalan di Malam Lailatul Qadar Yang Penting Mukmin Kerjakan

ERUDISI.com – Amalan di malam Lailatul Qadar. Sepuluh malam terakhir Ramadhan identik dengan malam Lailatul Qadar. Dimana pada malam tersebut kita dianjurkan untuk mencari keutamaannya

Juwita

5 Amalan di Malam Lailatul Qadar
Amalan di Malam Lailatul Qadar

ERUDISI.com – Amalan di . Sepuluh malam terakhir identik dengan malam Lailatul Qadar. Dimana pada malam tersebut kita dianjurkan untuk mencari keutamaannya terutama pada malam ganjil.

Firman Allah Taala dalam dalam QS Al Qadr 3-4 menceritakan mengenai keutamaan malam Lailatul Qadar dimana malam kemuliaan (Lailatul Qadar) tersebut lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut  malaikat-malaikat dan malaikat Jibril turun untuk mengatur segala urusan.

Bahkan pada malam Lailatul-Qadar ini penuh dengan kesejahteraan hingga terbit fajar. Masya Allah sebuah keutamaan yang tidak boleh kita sia-siakan.

Amalan-Amalan di Malam Lailatul Qadar

1. Melakukan Itikaf

Itulah atau menetap di masjid dengan melaksanakan ibadah-ibadah merupakan salah satu amalan yang akan memudahkan kita untuk memperoleh kemuliaan malam ini.

Masya Allah kesadaran sebagian umat untuk melaksanakan itikaf di 10 terakhir Ramadhan semakin meningkat. Bahkan di berbagai masjid telah menyediakan fasilitas itikaf tersebut bagi jamaah yang ingin melaksanakannya. Masya Allah sebuah kemudahan yang harus kita sadari dan laksanakan.

2. Memperbanyak Zikir dan Membaca Alquran

Pada 10 terakhir Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan membaca Alquran. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pada malam-malam tersebut mengencangkan sarungnya, bersungguh-sungguh menghidupkan malamnya serta membangunkan keluarganya untuk beribadah kepada Allah Taala.

3. Membaca Doa “Allahumma innaka affuwun tuhihhibbul “afwafa fa'fuannni”

Salah satu doa yang kita dianjurkan banyak untuk membacanya oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam di sepuluh terakhir Ramadhan adalah

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فا عف عَنِّى

“Allahumma innaka affuwun tuhibbul afwafa fa fuanni” (Ya Allah Engkau Maha Pemberi Maaf, karena itu maafkanlah aku” (HR Tarmidzi 3513)

Masya Allah betapa kita sebagai hamba sangat membutuhkan ampunan dari Allah. Karena kita tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa.

4. Menghidupkan Shalat Malam

Pada malam Lailatul Qadar kita sangat dianjurkan untuk menghidupkan Qiyamullail (shalat malam) bahkan balasan bagi yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan melaksanakan shalat malam didasari dengan iman dan berharap pahala dari Allah maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Allahu Akbar.

5. Memperbanyak Sedekah

Jika Allah memberikan kita kelebihan harta, maka pada malam Lailatul Qadar kita bisa memperbanyak sedekah berupa uang atau menyediakan makanan berbuka dan sahur. Bisa juga membantu fakir miskin yang membutuhkan.

Tentu saja amalan sedekah kita pada malam tersebut dimaknai dengan bersedekah selama 1000 bulan (83 tahun 3 bulan). Allahu Akbar.

Anjuran Tidak Menyia-nyiakan Waktu 10 Terakhir Ramadhan

Salah satu keutamaan di 10 terakhir Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar yang kita tidak tahu pasti kapan terjadinya. Bisa pada malam ke 21 sampai malam 29. Hanya Allah yang Mengetahui.

Tugas kita hanyalah jangan menyia-nyiakan kesempatan yang telah Allah berikan tersebut dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Fokuslah pada amalan ibadah yang akan mendatangkan pahala dan ampunan Allah.

Hingga di akhir Ramadhan kita bisa menjadi hamba yang bertakwa. Seperti terdapat dalam Quran Surat Al Baqarah 183 yang mewajibkan berpuasa kepada orang yang beriman agar orang yang berpuasa tersebut meraih takwa.

Sekian bahasan kita tentang amalan-amalan di malam Lailatul Qadar yang bisa kita kerjakan. Semoga Allah memudahkan kita memperoleh malam LailatulQadar dan dosa kita diampuni. []

Related Post