makanan-yang-disukai-janin-dalam-kandungan
Source Image: The Tot

Apa Saja Super Food untuk Janin? Ini Jawabannya

ERUDISI.com – Apa saja makanan super food untuk janin? Sebenarnya banyak sekali makanan terbaik yang bisa kita makan saat hamil yang bermanfaat untuk janin. Makanan yang terbaik akan menambah berat badan dan juga baik untuk perkembangannya.

Diantara Makanan Super Food Untuk Janin  dan Manfaatnya

1. Telur

Tahukah bahwa kandungan protein dalam telur sangat bagus untuk ibu . Konsumsi ini dipercaya dapat menguatkan kantung ketuban agar tidak pecah dini. Tapi pastikan saat akan mengkonsumsi telur dalam keadaan matang dan telur yang segar.
Sangat disarankan konsumsi telur organik yang bebas dari berbagai zat kimia.

2. Sayuran Hijau

Super food satu ini wajib dikonsumsi ya. Karena sayuran hijau dapat menjaga janin tetap sehat. Diantara sayuran hijau yang sangat bagus yaitu sayur bayam, brokoli, sawi, kubis dan kale.

Jenis sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi yang sangat ibu hamil butuhkan seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, kalium, folat dan antioksidan.

Selain itu, kadar serat tinggi yang terkandung di dalam sayuran hijau juga  mampu mencegah sembelit.  Konsumsi sayuran hijau dipercaya juga dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah lho. Jadi jangan skip ya konsumsi sayuran hijau.

3. Super Food untuk Janin : Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga sangat baik ibu hamil konsumsi. Makanan ini sangat membantu menurunkan resiko bayi lahir kurang atau lewat bulan.  Kacang panjang, kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan lentil adalah jenis kacang-kacangan yang super food untuk ibu hamil.

Kandungan folat dalam kacang-kacangan sangat  tinggi dan bagus sekali ibu hamil konsumsi pada trimester pertama.

Manfaat Folat ini  untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan mencegah lahir dengan berat badan rendah.

4. Ubi Jalar

Salah satu jenis umbi-umbian yang termasuk makanan super food untuk janin adalah ubi jalar. Kandungan yang terdapat pada ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam umbi ini yaitu beta karoten, antosianin dan klorogenat.

Ubi jalar memiliki warna yang beragam seperti putih, merah, ungu, kuning atau oranye.

Ubi yang berwarna kuning dan ungu kaya akan beta-karoten yang merupakan provitamin A dan vitamin C. Sedangkan ubi jalar berwarna putih sangat sering diolah menjadi tepung.

5. Buah-Buahan

Jenis buah-buahan super food untuk ibu hamil di trimester pertama adalah jeruk, pepaya, melon, alpukat, pisang, stroberi,  kiwi dan mangga.

Sangat baik untuk mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna berbeda setiap harinya. Karena sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko lahir cacat.

Selain konsumsi buah segar, Ibu hamil juga bisa mengonsumsi jus buah. Tapi perlu perhatikan kebersihan saat mengkonsumsi buah ya.  Cuci dulu buah-buahan tersebut hingga benar-benar bersih sebelum memakan atau mengolahnya.

Lebih baik menghindari menambahkan gula atau pemanis pada buah yang akan makan atau membuat jus. Penambahan gula dapat meningkatkan kadar gula darah dan merusak gigi.

6. Ikan

Sumber protein dan asam lemak omega-3 yang ada dalam.ikan sangat baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.
Diantaranya jenis ikan yang bayi bumil konsumsi adalah ikan mas, lele, mujair, kembung, nila, salmon dan tuna.

Pilihlah ikan yang segar saat membeli agar terjamin saat bumil konsumsi.

7. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan berbagai produk olahan susu seperti yoghurt dan keju sangat baik untuk perkembangan janin. Ibu hamil bisa konsumsi pada trimester pertama lho.

Susu kaya akan kalsium dan protein yang  sangat bagus untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang ibu hamil.

Selain itu, susu dan olahannya juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc, serta probiotik yang sangat mendukung kesehatan pencernaan.

Tetapi pilihlah susu atau produk olahan susu yang rendah lemak dan gula, serta hindari mengonsumsi susu atau produk olahan susu pasteurisasi, karena berisiko mengandung bakteri berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Selain makanan super food tersebut, bumil juga penting untuk mencukupi cairan dan mencegah dehidrasi dengan minum air minimal 8–10 gelas setiap hari. Suplemen ibu hamil juga penting bumil konsumsi ya selain memperbanyak konsumsi makanan super food untuk janin.

Semoga artikelnya bermanfaat dan selalu temukan jawaban serta inspirasi di Erudisi.

Check Also

seks selama kehamilan

Berhubungan Selama Hamil: Amankah?

Jika Anda saat ini tengah hamil, mungkin Anda telah banyak mendapatkan informasi tentang hubungan seksual …