Cara merawat payudara ibu menyusui
Source Image: iStock

Perawatan Payudara Pasca Melahirkan, Ibu Hamil Wajib Tahu

ERUDISI.com – Perawatan payudara pasca melahirkan atau breast care postnatal sangatlah penting diketahui . Hal ini sangat bermanfaat untuk pemeliharaan buah dada/payudara sehingga produksi ASI lancar dan menghindari kesulitan dalam menyusui.

Ibu perlu dengan edukasi ini. Banyak manfaat yang mereka dapatkan jika mempersiapkan diri dengan breast care postnatal ini.

Tujuan Perawatan Payudara Pasca Melahirkan

Perlu ibu hamil ketahui bahwa setelah hamil bertujuan untuk memelihara kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan puting susu.

Tujuan lainnya juga mengeluarkan untuk puting susu yang masuk ke dalam/datar, memperlancar produksi ASI. Tentu saja tujuan utamanya adalah agar waktu menyusui, Air Susu Ibu (ASI) sapat keluar dengan lancar dan menghindari kesulitan dalam menyusui.

Prinsip Perawatan Payudara Pasca Melahirkan

Perlu ibu hamil ketahui, prinsip dalam merawat payudara ada tiga yaitu

Pertama, harus dilakukan secara sistematis. Artinya tidak hanya sekali saja, tetapi secara rutin. Hal ini akan menstimulasi payudara kita siap untuk memproduksi ASI yang berkualitas.

Kedua, menjaga kebersihan sehari-hari. Selain itu ini penting sekali untuk ibu menyusui perhatikan sejak dari sampai setelah melahirkan dan sepanjang menyusui sangat penting melakukan hal ini. Jagalah selalu kebersihan payudara kita dengan air hangat, mengompres, memijat dan mengoles nya dengan lotion.

Ketiga, menggunakan BH yang menopang payudara. Perlu diperhatikan pilihlah bra yang bisa menopang dengan baik buah dada kita. Banyak saat ini beredar di pasar, jenis bra khusus ibu menyusui.

Alat-Alat Yang Harus Disiapkan Untuk Merawat Breast

Baby Oil / Minyak kelapa dalam tempatnya, kapas, dua handuk besar yang bersih dan kering, dua buah waslap, baskom, gelas, air hangat dan air dingin dalam baskom.

Cara Perawatan Payudara Pasca Melahirkan

Cucilah tangan terlebih dahulu. Kemudian basahi kapas dengan minyak/baby oil lalu kompres puting susu dengan kapas minyak tersebut. Kira-kira 3-5 menit saja, kemudian bersihkan puting susu dengan gerakan memutar. Setelah itu bersihkan sampai bersih. Pencet-pencet payudara dengan jari-jari tangan kemudian lakukan gerakan memutar perlahan.

Gerakan 1: Licinkan kedua telapak tangan dengan minyak. Kedua tangan letakkan antara kedua payudara ke arah atas, samping, bawah dan lepaskan ke arah depan (lakukan gerakan 30 kali)

Gerakan II: Licinkan kedua telapak tangan dengan minyak. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri, dan jari-jari tangan saling kita rapatkan. Sisi kelingking kanan memijat payudara kiri dari pangkal payudara ke arah puting, demikian pula pada payudara sebelah kanan (lakukan 30 kali).

Gerakan III: Licinkan kedua telapak tangan dengan minyak kembali. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri, jari-jari tangan kepalkan, tulang-tulang kepalan tangan kanan mengurut payudara dari pangkal ke arah puting (lakukan 30 kali)

Selanjutnya rangsanglah payudara dengan air hangat dingin bergantian, kompres payudara dengan air hangat dulu baru air dingin, siram bergantian sampai 5 menit.

Keringkan payudara dengan handuk.
Gunakan bra yang menopang payudara bukan yang menekan payudara. Rapikan alat-alat dan terakhir cuci tangan.

Menyusui adalah aktifitas mengASIhi yang sangat luar biasa bagi seorang perempuan. Pengalaman yang hanya akan bisa rasakan oleh ibu. Jadi berbahagialah saat menyusui dan berikan ASI dengan booster terbaik. Selamat menjadi ibu dan selamat menyusui dengan penuh bahagia bersama buah hati.

Itulah penjelasan mengenai cara perawatan payudara pasca melahirkan yang bisa rutin ibu lakukan. Semoga bermanfaat ya. Selalu cari inspirasi dan temukan jawaban di Erudisi.

 

Check Also

seks selama kehamilan

Berhubungan Selama Hamil: Amankah?

Jika Anda saat ini tengah hamil, mungkin Anda telah banyak mendapatkan informasi tentang hubungan seksual …