Belajar Recount Text Lengkap

Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang recount text. Teks ini adalah teks yang digunakan untuk menceritakan sesuatu baik aktivitas atau pun acara.

Recount text adalah teks yang menceritakan sesuatu kepada pembaca tentang sesuatu yang telah terjadi di masa lalu baik itu kegiatan fisik ataupun pengalaman. Tujuannya untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Berikut adalah struktur dari Recount Text :

1. Orientation, merupakan awal dari recount text yang berisi  perkenalan tentang sebuah cerita yang berisi siapa yang terlibat dalam cerita tersebut, kapan terjadinya peristiwa tersebut dan dimana peristiwa tersebut terjadi.

2. Event, merupakan bagian dari recount text yang menceritakan suatu kejadian yang terjadi pada masa lalu secara berurutan dan kronologis juga menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada saat itu.

3. Reorientation, merupakan bagian penutup dari cerita recount text  yang terjadi biasanya merupakan ending atau akhir dari cerita atau pengalaman yang ditulis.

Anda sudah mengerti mengenai Recount Text? Bila sudah anda memang sangat pandai. Berikut penulis berikan contoh Recount Text agar pembaca lebih paham dan mengerti.

Recount Text

My Vacation To Sawarna Beach

In last holiday my friends and i went vacation to Sawarna Beach. I was very happy because that was my first experience went to Beach. We went by car.

We went in the morning because if we went in afternoon that is traffic. From my house to the beach is 24 km. That was very far journey. I was very happy with my friend. I was love that day. I was feeling so tired on the way. Finally, we arrived in the beach. We arrived at 4 o’clock and took a rest in the hotel. After took a rest we went to the beach and swam there. After tired we having lunch together and slept. We woke up in the morning and prepared to go home.

We go back at 8 o’clock. I was very tired but i very happy.

Analisa :

1. Orientation recount text berada pada paragraf pertama yang berisi pengenalan tokoh yang terlibat dan kapan peristiwa itu terjadi.

2. Event recount text berada pada paragraf kedua yang berisi cerita pengalaman penulis yang disusun mulai dari awal hingga akhir.

3. Reorientation recount text berada pada paragraf ketiga berisi tentang akhir sebuah cerita apakah berakhir sedih atau senang. Pada cerita ini akhirnya adalah senang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here