Cara Memaksimalkan Foto Produk untuk Jualan Online

Foto produk termasuk hal penting dalam bisnis online. Dengan foto produk yang baik calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Jadi anda tidak boleh memasang foto produk sembarangan, foto yang dipasang haruslah mempunyai kualitas maksimal. Kalau fotonya jelek, calon pembeli enggak bakalan tertarik untuk membeli.

Walaupun produk yang Anda jual berkualitas super, jika fotonya jelek bisa jadi orang mengurungkan niat untuk membelinya.

Untuk memaksimalkan foto produk, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini:

kamera foto produk1. Gunakan kamera yang bagus

Untuk foto yang bagus, usahakan menggunakan kamera yang bagus juga. Dengan mengunakan kamera DSLR atau mirrorless pasti hasil foto produk anda jadi lebih maksimal. Kamera pocket biasa atau dengan menggunakan smartphone kelas tinggi juga dapat menjadi alternatif jika anda tidak mempunyai kamera DSLR atau Mirrorless.

studio mini foto produk online2. Buatlah studio foto mini

Selain menggunakan kamera yang bagus, latar belakang foto juga memegang peranan penting agar foto produk anda maksimal. Untuk mendapatkan latar yang bagus Anda dapat membuat studio mini di rumah. Sebaiknya latar belakang berwarna netral seperti warna putih.

model untuk produk jualan online3. Gunakan model

Sebuah produk akan terlihat lebih bagus apabila menggunakan model yang memakai atau membawa produk tersebut. Misalnya, anda menjual produk pakaian wanita, maka gunakanlah model wanita yang memakai produk tersebut. Jangan lupa memadukan produk yang Anda jual dengan aksesoris lainnya yang sesuai, agar pakaian tersebut terlihat lebih menarik untuk dibeli oleh calon pembeli.

tema produk toko online4. Berikan tema pada foto

Buatlah sebuah tema pada saat anda melakukan photo shoot produk yang anda jual. Anda bisa membuatnya lebih menarik jika foto mempunyai tema. Misalnya anda menjual sepatu outdoor, anda bisa menggunakan model yang memakai produk Anda sedang mendaki gunung.

sudut pandang foto produk online5. Ambil foto dari berapa sudut berbeda

Sebuah produk akan terlihat lebih bagus ketika produk tersebut di foto dari sudut tertentu. Anda harus mengeksplorasi produk yang ingin anda foto dari berbagai sudut agar anda menemukan sudut yang bagus. Jangan hanya terpaku pada satu sudut saja. Selain membuat produk lebih bagus, hal ini juga akan membantu pembeli agar tahu bentuk fisik dari sudut lain. Jangan lupa untuk menggabungkannya menjadi satu.

6. Perhatikan brightness dan contrast

Jangan lupa untuk memperhatikan brightness dan contrast, kedua pengaturan ini haruslah seimbang agar hasil foto produk anda maksimal.  Anda dapat mengatur brightness dan contrast dengan aplikasi edit foto seperti Photoshop. Selain mengatur brightness dan contrast anda juga harus memperhatikan pencahayaan pada foto.

7. Perhatikan ukuran

Biasanya foto yang dihasilkan kamera sekelas DSLR mempunyai ukuran hingga 4608 x 3072 pixel sedangkan ukuran umum foto untuk sebuah website sekitar 640 x 420 saja. Agar foto produk yang kamu jual lebih maksimal kecilkan ukuran foto produk yang kamu jual. Jangan sampai kamu memasang foto yang terlalu besar.

8. Beri watermark

Untuk mencegah foto Anda digunakan orang lain, Anda bisa menambahkan watermark pada foto produk. Watermark tersebut dapat berupa nama toko ataupun logo. Namun perlu diingat, penempatan dan ukuran watermark yang digunakan pada foto produk harus disesuaikan. Selain untuk mencegah agar tidak digunakan oleh orang lain, watermark juga akan menambah minat calon pembeli.

Itulah beberapa tips cara memaksimalkan foto produk untuk jualan online. Semoga dengan menerapkan semua tips di atas, dagangan Anda jadi lebih laku keras lagi. Sukses selalu!