3 Cara Memasang Set Top Box di TV Tabung dan LCD, Nikmati Tontonan HD Sekarang Juga!

ERUDISI.com – Kamu wajib mengetahui cara memasang set top box bagi kamu yang ingin migrasi dari TV analog ke TV digital. Pemasangan STB juga perlu

Umam

cara memasang set top box
3 Cara Memasang Set Top Box di TV Tabung dan LCD, Nikmati Tontonan HD Sekarang Juga! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Kamu wajib mengetahui cara memasang set top box bagi kamu yang ingin migrasi dari TV analog ke TV digital. Pemasangan STB juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan seperti meledaknya STB.

Bagaimana di TV Tabung dan LCD?

Jangan bingung, jika kamu berencana untuk memigrasikan siaran dari analog ke digital, lihat cara memasang set top box 2023 di bawah ini untuk memudahkan kamu.

Nikmati Tontonan HD Sekarang Juga, Memasang Set Top Box di TV

Seperti diketahui, pemerintah menghentikan siaran TV analog mulai 30 April 2022. Diperlukan Set Top Box (STB) agar TV analog beralih fungsi menjadi TV digital.

Dengan perangkat dan cara memasang set top box ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli TV digital baru.

Ternyata, bukan hanya TV tabung saja yang membutuhkan STB. Tidak semua TV dengan layar tipis atau tipe LCD/LED dapat menangkap transmisi digital, terutama untuk merek yang belum tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

1. Cara memasang decoder pada TV tabung

Orang-orang yang memiliki televisi model tabung khawatir dengan program penghentian siaran analog. Bahkan, mereka tetap bisa menikmati siaran digital berbekal perangkat tambahan bernama set-top box.

Berikut cara memasang set top box TV tabung:

– Siapkan STB dan TV analog.

– Pastikan STB adalah tipe DVB-T2.

– Pastikan TV analog dalam posisi off.

– Pastikan STB terhubung ke daya.

– Nyalakan STB dan TV analog.

– Masuk ke menu pengaturan TV analog.

– Pilih mode tampilan AV.

– Pilih opsi pencarian saluran.

– Daftar saluran siaran digital akan muncul.

– Pilih opsi Simpan dan selesai.

Cara menyambungkan STB ke TV analog di atas mungkin berbeda, tergantung jenis TV dan STB yang digunakan. Untuk mengetahui settingan STB TV analog yang lebih jernih biasanya bisa merujuk pada buku manual perangkat tersebut.

2. Cara memasang set-top box pada TV LCD/LED

Kabel HDMI juga menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman di mata.

Berikut cara memasang set top boxpada TV LED:

– Siapkan STB dan TV LED/LCD.

– Siapkan kabel HDMI (dibeli terpisah).

– Sambungkan kabel antena ke port ANT-IN STB.

– Sambungkan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai dengan portnya.

– Hubungkan STB dengan kabel RCA.

– Nyalakan TV dan tekan tombol Sumber pada remote control.

– Ubah ke mode HDMI atau audio/video.

– Nyalakan STB, tunggu hingga menu muncul.

– Tekan tombol Menu pada remote

– Pilih opsi Pencarian Aliran, lalu Pencarian Otomatis.

– Tunggu hingga semua saluran dipindai.

– Pilih opsi simpan dan selesai.

3. Cara memasang decoder menggunakan antena biasa

Mungkin banyak yang masih bingung dengan antena untuk menonton siaran digital di TV analog, seperti mengganti antena baru atau tidak. Nah, dalam hal ini, tidak ada spesifikasi khusus untuk penggunaan antena tersebut.

Untuk bisa menonton siaran TV digital, kamu masih bisa menggunakan antena yang sebelumnya digunakan baik indoor maupun outdoor UHF. Jadi, tidak perlu ganti antena lagi ya.

Namun, kabel antena tidak boleh terhubung langsung ke TV analog, tetapi harus terhubung ke port ANT-IN STB agar sinyal dapat diubah menjadi sinyal digital. Langkah-langkah dan cara memasang set top box tidak berbeda dengan dua metode sebelumnya.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa antena telah ditempatkan di lokasi yang minim penghalang dari berbagai objek seperti gedung, pohon, atau bangunan. Hal ini dimaksudkan agar antena dapat bekerja optimal dalam menangkap sinyal digital.

Akhir Kata

Cara memasang set top box pada TV tabung maupun jenis LED/LCD dapat dilakukan dengan mudah. kamu hanya perlu memastikan tidak ada yang kurang dalam integritas perangkat STB dan juga memenuhi stkamur yang berlaku.

Migrasi program siaran analog ke digital akan meningkatkan kualitas dan kenyamanan masyarakat dalam menonton program televisi. Jadi, sebaiknya segera lakukan migrasi ini, ya.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post