Cara Mengaktifkan OK Google

OK Google cari tempat makan ya, OK Google berapa tinggi Gunung Marapi, OK Google siapa itu Dozi Adiguna dan lain sebagainya. Di Indonesia kata-kata OK Google awalnya ditenarkan oleh sebuah iklan yang ada di tv dan mampu membuat heboh pengguna Facebook dengan membuat status-status yang menggunakan kata OK Google.

Jadi apakah itu OK Google? OK Google adalah sebuah kode atau perintah suara yang digunakan untuk mengaktifkan Google Now menyuarakan pencarian di smartphone Android kamu, serta perangkat Google lainnya. Saat mengucapkan OK Google ucapan tersebut memberi tahu Google app bahwa kamu siap menggunakan suara.

Agar kamu dapat menggunakan OK Google di smartphone atau tablet kamu, ada beberapa beberapa persyaratan yaitu perangkat kamu minimal harus

– Menggunakan Android 4.4+ Kitkat

– Google app versi 3.5+

– Mengaktifkan aktifitas audio

Setelah perangkat kamu memenuhi persyaratan kamu bisa mengaktifkan OK Google dengan cara.

1. Buka Google app.
2. Di pojok kiri atas laman, sentuh ikon Menu menu icon > Setelan > Suara > Pendeteksian Ok Google.
3. Centang kotak di samping Dari Google app.

Pada perangkat tertentu, Kamu juga dapat mengubah beberapa setelan untuk mengaktifkan pendeteksian “Ok Google” di luar Google app:

1. Centang kotak di samping “Dari semua layar” atau “Selalu aktif”. “Selalu aktif” tidak didukung dalam semua bahasa. Jika Kamu tidak dapat mengaktifkan fitur ini, berarti bahasa Kamu mungkin tidak didukung.
2. Ikuti petunjuk untuk memasukkan model suara Kamu ke Google.

Saat mengaktifkan OK Google ada beberapa pengaturan yang perlu kamu ubah tergantung pada perangkat yang kamu gunakan. Berikut istilah-istilah yang ada di pengaturan OK Google sekaligus artinya:
Dari semua layar: Kamu dapat mengucapkan “Ok Google” dari layar mana saja pada perangkat Kamu jika layar aktif atau perangkat sedang mengisi daya.
Selalu aktif: Kamu dapat mengucapkan “Ok Google” saat layar Kamu aktif ataupun tidak, pada perangkat Nexus 6, Nexus 9, atau Samsung Note 4.
Suara tepercaya: Saat mengucapkan “Ok Google” dari layar yang terkunci dan kami dapat mengenali suara tersebut, Kamu dapat meminta Google melakukan berbagai hal atau membuka situs web tanpa membuka kunci perangkat.
Hasil pribadi: Melihat hasil pribadi untuk penelusuran suara Kamu, meskipun saat perangkat terkunci.
Masukkan ulang model suara: Memasukkan kembali model suara Kamu ke Google. Coba cara ini jika Google tidak mengenali suara Kamu saat mengucapkan “Ok Google.” Jika Kamu tidak melihat setelan ini, pastikan setelan “Dari semua layar” atau “Selalu aktif” telah diaktifkan.
Hapus model suara: Menghapus model suara yang digunakan Google untuk mengenali suara Kamu.

Hal yang dapat kamu lakukan dengan OK Google

Kamu dapat meminta OK Google cukup banyak perintah seperti kamu dapat menggunakan OK Google perintah untuk mengatur alarm, membuat panggilan dan teks, penjadwalan, mendapatkan pentunjuk arah, dan lain sebagainya.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.