Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dengan Tepat!

ERUDISI.com – Memiliki berat badan yang ideal dapat mengurangi resiko penyakit akibat obesitas atau kurus. Cara menghitung berat badan ideal wanita angkanya bisa didapat dari

Umam

cara menghitung berat badan ideal wanita
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dengan Tepat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Memiliki berat badan yang ideal dapat mengurangi resiko penyakit akibat obesitas atau kurus. Cara menghitung berat badan ideal wanita angkanya bisa didapat dari rumus Broca.

Bagaimana ?

Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita, maka kamu bisa mempertimbangkan gizi apa saja yang masuk kedalam tubuh.

Cepat dan Tepat, Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu hal yang diimpikan oleh sebagian besar orang. Untuk itulah cara menghitung berat badan ideal wanita sangat diperlukan.

Ini bukan tentang tidak menyukai bentuk tubuh kamu sendiri. Namun, memiliki berat badan ideal lebih mengacu pada kondisi tubuh yang sehat. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas bisa berdampak pada kesehatan.

Hal yang sama berlaku untuk menjadi terlalu ringan. Sebab, itu juga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu kurus karena kekurangan gizi berdampak pada menurunnya kinerja sistem imun tubuh.

Berapa berat badan ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan yang sehat. Langkah ini mengacu pada proporsi tinggi badan seseorang.

Poin-poin tersebut meliputi jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan jumlah massa otot. Angka tersebut menjadi tolak ukur usia harapan hidup seseorang dan potensi serangan penyakit berbahaya.

Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus.

Sementara itu, memiliki berat badan yang terlalu rendah atau terlalu kurus dapat meningkatkan risiko kekurangan gizi, anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kematian.

Dengan kata lain, memiliki berat badan ideal bukanlah soal mengikuti stkamur kecantikan yang dangkal. Namun sebagai upaya untuk memiliki tubuh yang sehat agar dapat beraktivitas dan bekerja lebih maksimal.

Menghitung dengan rumus Broca

Meski pria dan wanita memiliki cara berbeda dalam menghitung berat badan ideal, rumus ini tidak rumit. Berikut ini cara menghitung berat badan ideal wanita dan rumusnya:

Jika kamu perempuan dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8.7= 49.3. Karena itu, beratnya adalah 49,3 kilogram.

Menghitung dengan Kalkulator BMI

Berbeda dengan metode perhitungan sebelumnya yang membedakan antara metode perhitungan laki-laki dan perempuan, IMT dibedakan berdasarkan usia.

Kalkulator BMI, yang juga merupakan fitur dari aplikasi Halodoc, dapat digunakan oleh siapa saja yang berusia 20 tahun ke atas.

Dengan menggunakan kalkulator BMI, kamu dapat mengetahui apakah berat badan kamu termasuk dalam kategori ideal atau tidak.

Berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan meski sebenarnya tidak. Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa fakta tentang perhitungan ini:

Angka BMI normal berada di kisaran 18,5-25.

Jika BMI kamu lebih besar dari 25, kamu kelebihan berat badan.

Sedangkan jika BMI kamu di bawah 18, berarti kamu kekurangan berat badan.

Jika angka IMT sudah melebihi 40, sebaiknya segera diwaspadai karena angka ini merupakan tkamu bahaya.

Akhir Kata

Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita, kamu bisa mencapainya dengan membatasi asupan makanan. Selain itu, tetaplah bugar dengan berolahraga secara teratur dan minum banyak air.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post