Cara Mudah Merawat Layar Ponsel (smartphone)

Perkembangan teknologi smartphone saat ini memang sangat cepat. Semua vendor ponsel berlomba meluncurkan teknologi baru, mulai dari dapur pacu sampai resolusi layar, dan sebagainya. Dan salah satu bagian ponsel yang sangat vital adalah layar. Ini perlu perawatan agar tetap awet dan bersih. Perlindungan layar ponsel bisa dilakukan dengan cara mudah dan murah. Jika Anda merawat layar smartphone dengan baik, diharapkan umur smartphone bisa lebih awet.

Sebenarnya beberapa cara merawat layar ponsel agar lebih awet sangat mudah. Namun, cara pintas seperti memakai screen guard biasanya dipilih karena lebih praktis. Padahal cara praktis belum tentu bisa memberikan efek baik.

Lalu bagaimana cara merawat layar ponsel agar tetap awet?

Beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk memberikan perlindungan maksimal pada layar Anda.

Hindarkan dari paparan sinar matahari

Jika ponsel terlalu lama terpapar sinar matahari maka kondisi layar akan semakin menurun bahkan bisa menyebabkan kerusakan. Untuk itu, sebaiknya hidari ponsel terpapar sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan flip cover untuk membantu melindungi layar dari sinar matahari.

Pakai pelindung asli

Sebaiknya Anda gunakan pelindung layar asli yang terbuat dari bahan berkualitas baik yang bisa melindungi layar ponsel. Tidak hanya memakai screen protector saja, tetapi Anda harus memakai flip cover atau menggunakan casing tertutup. Casing tertutup dan screen protector bisa didapatkan di toko aksesoris ponsel.

Hindari gejala burn in

Beberapa gejala kerusakan layar seperti burn in atau berkurangnya kualitas warna serta intensitas emisi cahaya layar sering terjadi, apalagi aktivitas ponsel terbilang cukup tinggi. Penyebab dari burn in adalah adalah kondisi layar yang selalu menyala dan tidak dibarengi dengan aktivitas lainnya. Untuk menghindari burn in Anda harus mematikan layar dan memakai fitur nonaktif layar secara otomatis.

Cukup mudah bukan?

Untuk memberikan proteksi penuh pada layar smartphone, Anda harus memperhatikan segala kemungkinan terburuk. Melindungi layar dari paparan luar dan dalam bisa jadi cara tepat memperpanjang usia layar ponsel Anda. Itulah cara merawat layar smartphone dengan mudah.