Dua Kata yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berwisata ke Pulau Bali

Indonesia, selain dikenal dengan sebutan negeri seribu pulau, juga bisa disebut negeri seribu bahasa, karena Indonesia memiliki beragam bahasa di daerahnya masing-masing. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan bahasa karena terkadang bahasa daerah kita berbeda makna dengan bahasa di daerah lain.

Demikian pula dengan pulau Bali yang memiliki bahasa daerahnya sendiri. Di pulau Bali sendiri terdapat bahasa yang memiliki pengucapan sama namun memiliki arti yang berbeda. Di bawah ini adalah dua kata yang harus anda ketahui sebelum berwisata ke pulau Bali.

1. Jegeg

Di pulau Jawa (daerah saya), untuk mengucapkan kata cantik biasanya menggunakan kata ayu. “Cah ayu” memiliki arti anak perempuan yang cantik. Nah, di pulau Bali untuk mengungkapkan kata cantik menggunakan kata “jegeg”, yang berarti cantik.

Biasanya kata ini digunakan untuk menyebut gadis Bali. Jika anda ingin mengatakan gadis Bali itu cantik-cantik cukup ucapkan “gadis Bali jegeg-jegeg”. Jika anda ingin menyebutkan gadis cantik cukup katakan jegeg pada gadis Bali.

2. Kenyang

Kata “kenyang” memiliki arti yang tidak biasa di Bali. Dalam Bahasa Indonesia, kata kenyang digunakan untuk mengungkapkan keadaan perut terisi penuh setelah makan, tetapi anda harus berhati-hati jika mengucapkan kata ini di pulau Bali. Yang jelas, jangan sekali-kali anda mengatakan kata kenyang ketika selesai makan. Pasalnya, di pulau Bali kata kenyang memiliki makna berbeda. Di Bali kata “kenyang” justru bermakna tabu yaitu “berdirinya organ vital laki-laki”. Hmm…. aneh kan? 🙂

Nah, itu saja 2 kata yang penting Anda ingat-ingat ketika melancong ke pulau Bali.