Gunakan Cara Ini agar Kontak BBM Tidak Hilang Pada Saat Ganti Perangkat Smartphone

Mungkin terbesit di benak kita bagaimana cara agar kontak pada akun BBM tidak hilang saat ganti perangkat atau pada saat perangkat kita bermasalah.

Contoh saat ini kita menggunakan ponsel Blackberry dan kontak BBM kita sudah banyak, dan kita hendak pindah ke ponsel lainnya seperti ponsel Android  atau sebaliknya dari ponsel Android ke ponsel Blackberry. Sama halnya ketika ponsel kita mengalami masalah atau diharuskan diperbaharui sistemnya atau diflashing.

Sebenarnya bagi yang sudah tahu akan sangat mudah. Untuk itu jika data kamu masih berada di penyimpanan telepon pindahkan secepat mungkin ke kartu memori atau sdcard agar tidak terjadi hal hal yang di tidak inginkan, karena kita tidak tahu masalah yang apa yang akan dihadapi oleh ponsel kita dan biarkan penyimpanan telepon berisi data aplikasi dan game atau sejenisnya.

Dan kebetulan data aplikasi BBM di Android maupun di Blackberry tersimpan di penyimpanan telepon dan jika Anda flashing atau format ulang ponsel kamu maka data dan aplikasi BBM akan hilang.

Lakukan cara ini agar kontak BBM tetap pada satu email.

Untuk pengguna Android gunakan cara berikut:

1. EMAIL
Gunakan email yang valid, valid di sini artinya email yang aktif dan bisa dibuka.

2. SIGN UP
Jika sudah ada email yang valid maka Sign Up ke BBM, isi data-datanya selengkap mungkin dan lanjutkan langkah-langkahnya sampai selesai. Email dan kata sandi untuk akun BBM ini jangan sampai lupa karena di sini kunci agar kontak tersebut tidak hilang.

3. CEK EMAIL
Jika BBM sudah aktif maka bukalah email Anda, biasanya di kotak masuk/inbox email kamu sudah ada pesan dari Team Blackberry yang meminta konfirmasi akun. Buka lalu konfirmasi dengan mengklik tautan yang ada dan kamu akan diarahkan sign akun BBM kamu.

4. SIGN IN
Untuk memastikan akun kamu sudah terdaftar atau belum di Blackberry tersebut caranya sangat mudah, silahkan klik tautan BBM INI. Masukan email dan password kamu dan jangan lupa centang kolom bagian persetujuan dan klik Login.

Jika berhasil masuk, di sana akan terlihat rincian akun kamu dan lihat bagian status email jika disana tertulis terkonfirmasi atau Confirmed maka akun BBm kamu sudah terdaftar.

5. AKUN SUDAH SIAP DIGUNAKAN
Jika akun BBm kamu sudah dikonfirmasi maka gunakan BBM kamu seperti biasa, maka setiap pin yang telah berteman dan grup yang kamu telah bergabung di dalamnya akan disimpan oleh Team Blackberry.

Android bisa menggunakan dua akun email:
1. Untuk akun perangkat dan Google Play Store.
2. Untuk akun BBM.
Usahakan gunakan satu email saja untuk mengisi akun BBM dan akun Google Play Store.

Untuk pengguna Blackberry gunakan cara berikut:

Pada saat Sign Up pertama kali di BBM gunakan email yang valid, isi data nya dan ikuti step stepnya sampai selesai, jika kamu sudah Sign Up di aplikasi BBM, maka di aplikasi Blackberry World tidak lagi Sign Up, karena Blackberry menggunakan satu email untuk seluruh akun pada satu perangkat Blackberry.

Jika sudah, lanjutkan mengkonfirmasi akun di email (cara 3 dan 4 di atas)

Catatan:
Yang perlu diperhatikan adalah email, karena jika email yang kita gunakan tersebut sudah tidak aktif maka jika suatu saat lupa kata sandi maka cara membetulkannya adalah melalui email tersebut.

Memindahkan akun BBm dari ponsel Blackberry ke ponsel Android

Jika saat ini kamu sedang menggunakan ponsel Blackberry, lalu hendak berpindah ke ponsel Android, maka agar kontak BBM yang ada tidak hilang, yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Uninstall aplikasi BBM pada Android tersebut.
  2. Install kembali aplikasi bbm terbaru di Google Play Store.
  3. Tetapi bisa juga dengan langsung menghapus data pada aplikasi bbm tersebut tanpa meng-uninstall dan meng-install kembali dengan cara sebagai berikut:
    -Masuk ke pengaturan
    -Temukan manajer aplikasi atau apl
    -Jika sudah masuk temukan aplikasi bbm tersebut
    -Klik pada aplikasi bbm tersebut lalu temukan dan pilih hapus data
  4. Jika cara ke 3 sudah maka buka kembali aplikasi bbm tersebut lalu Sign In.
  5. Masukkan email serta kata sandi akun kamu pada akun Blackberry sebelumnya.
  6. Jika ada peringatan pindahkan akun perangkat maka pilih ya.
  7. Tunggu sampai aplikasi BBM normal kembali.

Catatan:
Jika ponsel Android tersebut kamu membeli baru maka tidak perlu lagi menghapus data dan lain-lain, karena semua akun masih belum terisi.

Memindahkan akun dari ponsel Android ke ponsel Blackberry.

  1. Reset terlebih dahulu terutama bagian akun pada ponsel blackberry tersebut dengan cara sebagai berikut:
    -Masuk pengaturan atau opsi.
    -Cari keamanan lalu klik.
    -Cari kembali penghapusan keamanan lalu klik.
    -Centang pada kolom (Email, Kontak, dsb) dan kolom lain biarkan kosong jangan dicentang.
    -Lalu kebawah isi dan ketikan kata ‘blackberry’ tanpa tanda petik lalu klik hapus.
    -Disini ponsel akan mati dan menghapus akun dll, tunggu sampai ponsel kembali hidup.
  2. Jika ponsel sudah kembali hidup maka masuk ke aplikasi Blackberry World dan isikan email dan kata sandi yang ada pada akun aplikasi bbm di Android sebelumnya.
  3. Jika sudah maka masuk ke Blackberry World tersebut lanjutkan d******d dan install aplikasi bbm terbaru.
  4. Jika sudah terinstall maka langsung saja kamu masuk ke aplikasi bbm tersebut.
  5. Biasanya jika akun Blckberry World sudah terisi maka otomatis dengan akun bbm akan terisi dengan email tersebut, jika tidak terisi otomatis maka isikan saja kembali email dan kata sandi tersebut ke kolom aplikasi bbm.

Catatan:
Mereset ulang pada ponsel Blackberry ini tidak dianjurkan jika kamu belum mengerti sama sekali karena jika sampai salah maka semua data bisa terhapus, lebih baik serahkan kepada yang lebih ahli jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri.

Namun jika kamu mengikuti langkah demi langkah dengan benar maka maka tidak akan terjadi masalah.
Sebelum mereset ulang lepaskan terlebih dahulu kartu memori dan kartu sim untuk keamanan.

Jika kamu menemukan kesalahan dalam langkah langkah pada artikel ini, kamu bisa memberitahukan dengan meninggalkan komentar pada kolom komentar dibawah agar artikel ini bisa diperbaiki secepat mungkin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here