Hobi Traveling? Inilah 6 Pekerjaan untuk yang Hobi Traveling

Banyak di antara kita yang menganggap bahwa traveling itu hanya membuang-buang waktu dan uang saja. Padahal jika mau, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi Anda yang satu ini. Jangan jadikan traveling hanya sebatas menghilangkan jenuh dan mengisi waktu luang.

Berikut 6 Pekerjaan untuk yang Hobi Traveling:

1. Penulis blog tentang traveling

Blogger

Namanya juga hobi, pasti Anda sering dan berpengalaman tentang hobi Anda ini. Jadi, cobalah untuk membagikan tips, trik, maupun review tentang traveling yang Anda lakukan. Buatlah sebuah blog sebagai media untuk membagikan pengetahuan Anda tentang dunia traveling dan bergabunglah menjadi publisher iklan agar Anda dapat menghasilkan uang dari blog itu. Anda akan dibayar setiap ada orang yang mengklik iklan tersebut.

Jika Anda tidak ingin atau malas membuat sebuah blog dari nol, Anda juga bisa membagikan tips, trik maupun review tentang traveling dengan menjadi penulis di Erudisi.

2. Tour Guide

Sebagai traveller sejati, pastinya sudah banyak tempat yang pernah Anda dikunjungi. Jangan sia-siakan, Anda bisa menjadi tour guide. Tour guide atau pemandu wisata adalah orang yang mengantarkan dan memandu para traveller lain ke tempat-tempat wisata yang Anda tahu.

Apalagi bagi Anda yang jago bahasa Inggris, Anda bisa memandu bule-bule yang datang dari luar negeri untuk traveling di Indonesia, dan dapatkan penghasilan yang lumayan besar.

3. Youtuber

Selain berfoto-foto, traveller sering juga suka mengabadikan keseruan saat traveling dalam bentuk video.

Nah mulai sekarang, unggah video perjalanan Anda ke Youtube. Selain video keseruan Anda saat travelling, Anda juga bisa membuat video tips dan trik seputar traveling.

Sama seperti blog, Youtube juga akan membayar Anda jika ada yang mengklik iklan. Bedanya, di blog Anda membagikan dalam bentuk tulisan, sedangkan di Youtube Anda membagikan video.

4. Penulis buku traveling

Penulis

Sama seperti penulis blog, Anda bisa juga menulis tentang pengalaman, tips dan trik maupun review seputar traveling atau tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, bedanya Anda bukan menulis untuk blog tapi mengirim tulisan Anda ke penerbit. Jika tulisan Anda diterbitkan Anda akan menerima imbalan sesuai dengan ketentuan masing-masing penerbit.

Anda bisa mengirim tulisan ke penerbit seperti TransMedia Pustaka, Mizan Publishing, Grasindo dan masih banyak lainnya.

5. Menjual foto

Photo

Anda yang hobi traveling pasti suka foto-foto kan? Jangan sia-siakan kesempatan Anda mendokumentasikan tempat-tempat atau momen indah tersebut. Jadikan ia sesuatu yang punya nilai jual. Kirimkan atau tawarkan foto-foto Anda ke majalah wisata atau ke berbagai website traveling.

Selain itu Anda juga bisa menjual foto secara online. Ada banyak website-website untuk menjual foto secara online seperti Fotolia, ShutterStock, iStockPhoto dan masih banyak yang lainnya. Anda akan dibayar jika ada yang membeli foto-foto anda.

6. Rental alat outdoor

Bagi Anda yang hobi traveling ke gunung atau pulau, pasti mempunyai alat-alat outdoor yang lengkap, seperti tenda, matras, perlengkapan tidur dan perlengkapan memasak. Ajaklah satu atau dua orang teman yang juga memiliki alat outdoor untuk membuka jasa rental alat outdoor kecil-kecilan.

Jika usaha rental alat outdoor Anda sudah mulai berjalan, Anda kemudian bisa menambah kelengkapan alat-alat traveling Anda sedikit demi sedikit.

Nah, Anda tertarik menjalankan salah satu cara menghasilkan uang dari kegiatan traveling di atas? Yang terpenting dari semuanya adalah, jangan gampang patah semangat untuk memulai karir Anda, sama semangatnya seperti saat Anda mendaki gunung!