Ide Menu Sayuran Saat Sahur Sehat dan Mudah Dibuat

ERUDISI.com – Menu sayuran saat sahur merupakan salah satu menu yang perlu dipertimbangkan. Karena sahur waktu terpenting saat berpuasa selain berbuka. Waktu ini kita disunnahkan untuk makan dan minum agar mampu menjalankan puasa selama seharian. Selain lauk, kita juga bisa menyajikan menu sayuran segar untuk keluarga.

Khasiat Sayuran

Tak bisa dipungkiri sayuran merupakan salah satu jenis makanan penting bagi tubuh. Bahkan kita perlu mencukup asupan sayuran karena bermanfaat bagi tubuh. Selain mengandung vitamin dan mineral juga kaya serat sehingga bagus untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

Banyak sekali jenis sayuran yang bisa kita sajikan saat sahur. Bahkan membuatnya juga sangat mudah. Berikut beberapa ide menu sayuran saat sahur yang bisa kita buat.

Ide Menu Sayuran Saat Sahur Mudah Dibuat dan Sehat

1. Bening Bayam

Ide ini bisa jadi ide menarik untuk kita sajikan. Tak memakan waktu lama dan hampir semua keluarga menyukai. Bisa kreasikan dengan tambahan wortel atau jagung. Tambahan daun salam akan menambah nikmat cita rasa sayur bayam.

2. Capcay Bening

Olahan aneka sayuran yang terdiri dari wortel, sawi hijau, sawi putih, kol dan bakso ini sangat mudah dan cepat sekali penyajian. Hanya butuh 15 menit saja sudah siap saji. Bisa tambahkan baby corn dan brokoli juga.

3. Sayur Sop

Hangat dan nikmat, itulah yang menggambarkan menu satu ini. Cita rasa kuah dari sayur sop ini sangat lezat. Semua keluarga sangat suka tentunya. Jangan lupa tambahan daun bawang, seledri dan bawang goreng.

4. Brokoli

Nikmat sayur satu ini sangat khas. Meskipun hanya direbus dengan air garam sudah cukup dan enak sekali. Anak-anak sangat suka tentunya. Jika anak-anak susah makan nasi sesekali bisa ganti dengan kentang dan jagung.

5. Labu Siam

Sayuran labu Siam bening juga bisa jadi ide menu sayuran saat sahur. Sangat cepat sekali menyajikan menu ini. Cukup sat set sudah siap saji.

6. Aneka Tumisan

Jika bosan dengan menu berkuah, bisa juga mencoba menu tumisan seperti oseng buncis, oseng tauge, kacang panjang dan lainnya. Meskipun hanya menggunakan bumbu sederhana sudah bisa mencukupi asupan sayur untuk tubuh kita.

7. Aneka Sayur Rebusan

Jika bosan dengan tumisan kita juga bisa menyajikan menu sayuran rebusan. Cukup direbus saja. Misalnya rebus buncis, kacang panjang, kol, bayam, wortel dan lainnya. Apa saja bisa kita kreasikan dengan mudah dan tak perlu lama.

8. Sayuran Bersantan

Jika bosan dengan , tumis dan rebus kita juga bisa menyajikan menu bersantan seperti sayur lodeh, bobot ayam, daun singkong kuah kuning, sayur labu, tahu kuah kuning dan banyak lagi. Kita bebas berkreasi sesuai selera saja sehingga semua keluarga semangat saat sahur.

9. Aneka Sayur Urap

Ide berikutnya yang bisa kita coba adalah urap. Sangat mudah sekali membaut urap bisa menggunakan sayur mentah atau rebus. Bisa ditambah taburan kelapa atau sambal kacang. Sesuaikan selera saja.

Diantara sayuran yang bisa digunakan untuk membuat urap adalah bayam, tauge, kol, mentimun, kacang panjang, singkong dan lainnya.

10. Salad Sayuran

Tak hanya buah, sayur juga bisa kita jadikan salad lho. Selain sehat juga sangat bagus untuk pencernaan kita. Pilihlah sayuran yang segar seperti kol, mentimun, wortel, selada atau sayuran yang mengandung banyak air.

Itulah beberapa ide menu sayuran saat sahur yang bisa kita sajikan untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Resep ayam goreng viral

Resep Viral Ayam Goreng Oseng Sambal Bawang

ERUDISI.com – Yuk buat Resep Viral Ayam Goreng Bawang Putih Oseng Sambal Bawang. Olahan ayam …