Olahan ubi jalar kekinian
Aneka olahan ubi rambat

Ide Olahan Ubi Rambat Mudah Dipraktekkan

Olahan ubi jalar kekinian
Aneka

ERUDISI.com – Ide olahan ubi rambat ini banyak sekali. Apalagi ubi rambat merupakan salah satu bahan makanan yang dapat kita peroleh dengan mudah di Indonesia.

Pada masa dahulu, bahkan umbian yang nama lainnya ubi jalar, petatat, ketela, ubi manis ini menjadi makanan pokok pengganti nasi.

Warna ubi ini yang familiar di Indonesia ada yang berwarna orange, kuning dan ungu. Ubi rambat sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang sifatnya mengenyangkan.

Selain itu juga mengandung vitamin, mineral dan kaya serat. Ubi jalar ini sering diolah dengan cara rebus, goreng atau panggang. Bahkan diolah menjadi aneka makanan yang enak seperti klepon, bola-bola ubi, talam, ongol-ongol dan banyak lagi. Berikut beberapa ide olahan berbahan ubi rambat.

Ini Ide Olahan Ubi Rambat

1. KLEPON UBI KUNING

Klepon biasanya hanya kita buat menggunakan tepung ketan ternyata bisa lho dibuat dengan tambahan ubi jalar/rambat. Rasanya lebih enak dan padat.

Bahan-Bahan: 150 gram ubi jalar kuning yang telah dikupas & potong-potong , 300 gram tepung ketan, 1 sdm gula pasir , 1/4 sdt garam , 200 ml air panas, secukupnya kelapa parut dicampur sedikit garam lalu dikukus sebentar agar tidak mudah basi. Gula aren di sisir & cincang halus ( supaya isi kleponnya bisa cair)

Cara Membuat: Kukus ubi jalar kuningnya hingga matang lebih kurang 10 menitan lalu haluskan dengan garpu. Masukkan tepung ketan, gula pasir, garam ke dalam ubi kukus yang telah halus lalu aduk-aduk sambil tuang air secara bertahap. Adon hingga kalis dan dapat dibentuk. Ambil adonan secukupnya lalu pipihkan dan isi dengan gula aren lalu bulatkan. Rebus klepon dengan air yang telah mendidih terlebih dahulu hingga klepon mengapung. Siap balurkan ke kelapa dan selamat menikmati.

2. BOLA-BOLA UBI UNGU

Camilan satu ini kami jamin anak-anak dan siapa saja suka. Bahkan kita bisa ajak anak-anak membuat bersama. Cocok kita makan saat hangat apalagi kumpul keluarga.

Bahan-Bahan: 650 gr ubi ungu (setelah kupas kulit sisa 580 gr), 30 gr gula pasir, 30 gr maizena, 30 ml air (opsional) tergantung kadar air di ubinya ya.

Bahan tepung baluran: 100 gr tepung panir 50 gr, tepung terigu 120 ml, air

Isian : Dark compound chocolate (potong-potong kecil) atau sesuai selera,

Cara Membuat: Kupas ubi, potong-potong rebus/kukus hingga matang lebih kurang 25 menit. Hancurkan hingga halus, tambahkan maizena dan gula pasir, aduk rata hingga bisa kita bentuk. Ambil 20 gr adonan, pipihkan isi dengan coklat, bulatkan sambil padatkan, lakukan hingga habis. Campur tepung baluran, aduk rata. Ambil 1 bulatan ubi celupkan ke tepung basah, lalu gulingkan ke tepung panir dan goreng dengan api kecil hingga kecoklatan.

3. Olahan Ubi Rambat : Ongol-Ongol Ubi Jalar

Ongol-Ongol merupakan panganan  tradisional yang sering sekali kita temukan di pasar. Cara membuat olahan ini termasuk sangat mudah sekali lho. Yuk coba.

Bahan-Bahan: 350 gram ubi jalar kukus, 160 gr gula pasir, 180 gr tapioka, 400 cc santan kekentalan sedang, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt vanili, kelapa parut 1/2 tua, garam dan daun pandan.

Cara Membuat: Campur semua bahan kemudian tuang dalam loyang 18 cm yang sudah kit oles minyak. Kukus 30 menit hingga matang, angkat. Biarkan dingin dan potong setelah itu taburkan kelapa parut.

Itulah beberapa ide olahan ubi rambat yang bisa jadi referensi. Rasanya benar-benar original tanpa.tambahan apapun. Lidah Indonesia wajib suka dan coba menu-menu .

Semoga menginspirasi ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi.

 

Check Also

Black Forest

Haii…ibu di rumah gimana kabarnya? Dari pada ngelamun gada kerjaan mending anda coba nih resep …