Waktu-waktu terlarang untuk shalat
Ilustrasi Sholat

Ini Jawaban Kenapa Kita Terlarang Shalat di Tiga Waktu

ERUDISI.com – Alasan kenapa kita terlarang di tiga waktu tersebut? Seperti pembahasan pada artikel sebelumnya mengenai tiga waktu yang nabi melarang kita melaksanakan shalat telah kita bahas. Sekarang kita akan lanjutkan alasan yang menyebabkan Rasul melarang kita untuk shalat pada waktu tersebut.

Hadits Yang Berisi Kenapa Umat Muslim Terlarang Melaksanakan di Tiga Waktu Tertentu

Tentu saja ini bersumber dari perkataan
Shalallahu Alaihi Wa Sallam kepada Amr bin Abasah bahwasannya

صَلِّ صَلاةَ الصُّبْحِ ثُمَّ أَقْصِرْ عَنِ الصَّلَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَتَّى تَرْتَفَعَ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ حِينَ تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَى شَيْطَانٍ وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ ثُمَّ صَلِّ فَإِنَّ الصَّلاةَ مَشْهُودَةٌ مَحْضُورَةٌ حَتَّى يَسْتَقِلَّ الظُّلُ بِالرُّمْحِ ثُمَّ أَقْصِرْ عَنِ الصَّلاةِ فَإِنَّ حِينَئِذٍ تُسْجَرُ جَهَنَّمُ فَإِذَا أَقْبَلَ الْفَيْءُ فَصَلِّ فَإِنَّ الصَّلاةَ مَشْهُودَةٌ مَحْضُورَةٌ حَتَّى تُصَلّى الْعَصْرَ ثُمَّ أَقْصِرْ عَن الصَّلاَةِ حَتَّى تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَإِنَّهَا تَغْرُبُ بَيْنَ قَرْنَى شَيْطَانِ وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ

Sholat Shubuhlah kalian. Lalu tahanlah diri dari sholat (jangan sholat) sampai matahari terbit sehingga (benar-benar) naik, karena sesungguhnya dia muncul di antara dua tanduk setan. Ketika itu, orang-orang kafir sedang sujud menyembahnya. Setelah (melewati waktu itu) maka sholatlah, karena sesungguhnya sholat itu disaksikan dan dihadiri (para malaikat) sampai tombak tidak memiliki bayangan (matahari tepat berada di tengah-tengah). Lalu tahanlah diri dari sholat, karena sesungguhnya ketika itu neraka Jahannam dinyalakan. Lalu apabila bayangan matahari telah nampak (matahari tergelincir ke arah barat) maka sholatlah, karena sesungguhnya sholat itu disaksikan dan dihadiri (para malaikat) hingga kamu sholat Ashar. Kemudian tahanlah diri dari sholat sampai matahari tenggelam, karena sesungguhnya dia tenggelam di antara dua tanduk setan. Ketika itu, orang-orang kafir sedang sujud menyembahnya.” (HR. Muslim 832)

Penyebab Utama Rasulullah Larang Kita Shalat Pada Waktu Tertentu

Berdasarkan hadits riwayat Muslim no 831 di atas, ada dua penyebab utama yang disampaikan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam melarang kita untuk mengerjakan sholat pada waktu-waktu tersebut:

1. Waktu Matahari Terbit dan Terbenam Dilarang Shalat Karena Matahari Muncul Pada Dua Tanduk Setan

Pertama, pada kedua waktu (antara sholat Shubuh hingga matahari terbit dan antara sholat Ashar hingga matahari terbenam) tersebut matahari muncul di antara dua tanduk setan yang ketika itu orang-orang kafir sedang menyembahnya. Sebagai seorang muslim, kita dilarang meniru mereka.

2. Kenapa Terlarang Shalat: Posisi Matahari Tepat Di Atas Kepala Dilarang Sholat Karena Posisi Matahari Tepat Diatas Api Neraka Jahannam

Kedua, ketika posisi matahari tepat berada di atas kepala, pas di tengah-tengah (membentuk sudut 90° dengan permukaan bumi) maka Rasulullah melarang kita melaksanakan shalat karena posisi matahari saat itu tepat di atas api neraka Jahannam sedang dinyalakan dengan sangat kuat.

Rasulullah juga menyampaikan bahwa pada waktu ini dilarang melaksanakan shalat.

عَنْ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرِ قَالَ : ثَلاثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ الله ينهانا أن نُصَلّى فِيهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا . حِينَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِعَةٌ حَتَّى تَرْتَفَعَ وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ الظهيرَةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ وَحِينَ تَضَيْفُ الشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ حَتَّى تَغْرُبَ

Dari Uqbah bin Amir berkata: Ada tiga waktu yang Rosululloh melarang kami sholat atau mengubur jenazah pada waktu-waktu tersebut: (1) ketika matahari terbit sampai agak meninggi, (2) ketika matahari berhenti di tengah- tengah (tepat di atas) sampai tergelincir, (3) dan ketika matahari condong hendak tenggelam sampai (benar-benar) tenggelam. (HR. Muslim 831)

Kesimpulan

Itulah dua penyebab yang disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam terkait tiga waktu yang kita terlarang untuk melaksanakan shalat.

Semoga menjadi pelajaran dan tambahan ilmu bagi kita. Begitu detail nya Allah mengatur semua lini kehidupan kita.Semoga menambah keimanan kita kepada Allah azza wa jalla.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang-orang tercinta ya.Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Waktu-waktu shalat wajib di seluruh Indonesia

Mengenal Waktu-Waktu Shalat Wajib

ERUDISI.com – Waktu-waktu shalat wajib. Tentu saja timing yang tepat kita melaksanakan shalat  pada waktu. …