Kelebihan Sablon Digital Dibandingkan Sablon Manual

Seperti pada pembahasan sebelumnya sablon terbagi menjadi dua jenis yaitu sablon digital dan sablon manual. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan kelebihan sablon digital dibandingkan dengan sablon manual.

Adapun kelebihan sablon digital dibandingkan dengan sablon manual di antaranya:

1. Cara pembuatan kaos menggunakan sablon digital cenderung lebih mudah

Untuk membuat satu kaos dengan sablon digital kita hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja. Karena kita hanya mendesain gambar yang ingin kita cetak dengan printer sublim. Setelah hasil desain tercetak dengan sempurna tugas kita tinggal mengepres menggunakan alat press.

Setelah itu kita bisa mengangkat kaos kita dari alat press dan kita bisa langsung menggunakan hasil sablon digital ini tanpa perlu pengeringan terlebih dahulu karena media yang kita gunakan adalah transfer paper bukan cat sablon.

2. Memiliki detil dan kombinasi warna yang sempurna.

Dengan menggunakan sablon digital kita bisa mencetak gambar sesuai dengan apa yang kita inginkan. baik mulai dari detail warna sampai detail gambar. Hal ini akan sulit kita lakukan jika kita menggunakan sablon manual.

Karena kita menggunakan printer sublimasi dan hasil printer inilah yang nantinya akan melekat di dalam kaos dengan media transfer paper. Berbeda dengan sablon manual yang tidak bisa mencetak gambar rumit, misalkan foto dengan detail dan kemiripan seperti aslinya.

3. Tidak repot membuat film

Jika kita menggunakan sablon manual untuk membuat satu film saja, bisa memakan waktu 1 jam bahkan 2 jam. Karena kita harus melakukan pengafdrukan, pengeringan, penyinaran, penyemprotan dan pengeringan kembali.

Sedangkan ketika kita menggunakan sablon digital kita tinggal cetak film yang ingin kita press ke dalam kaos dengan dengan printer sublimasi dan itu hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit saja.

4. Tidak perlu melakukan pembersihan

Ketika kita menggunakan sablon manual setelah film selesai kita gunakan. Maka tugas kita masih banyak sekali, di antaranya membersihkan rakel dari cat sablon, membersihkan wadah yang kita gunakan cat , dan yang paling sulit adalah membersihkan screen dari afdruk dan cat sablon.

Hal itu memakan waktu yang sangat lama, sedangkan ketika kita menggunakan sablon digital, kita tidak perlu melakukannya karena yang kita gunakan adalah transfer paper yang sekali pakai.

5. Tidak perlu melakukan pengeringan

Ketika kita menggunakan sablon manual setelah proses sablon selesai, maka perlu mengeringkan cat sablon pada kaos sampai benar-benar kering dan tidak menempel pada kain yang lainnya. Sedangkan ketika kita menggunakan sablon digital, setelah kaos selesai kita press, kita tinggal melepas kertas kalkir dari atas kaos yang telah kita press dan bisa langsung kita kenakan tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu.