Breaking News
kabel studio musik digital

Memilih Kabel Studio yang Baik

Untuk menghubungkan semua yang ada, artinya Anda membutuhkan yang cocok untuk setiap perangkat.

Dan untungnya, guna menghubungkan bermacam perangkat tersebut, Anda hanya butuh beberapa jenis koneksi saja.

Menghubungkan gitar Anda ke amplifier? Atau mendengar suara dari mixer di studio?

Maka Anda butuh beberapa kabel instrumen 1/4″.

Siap untuk take vokal?

Berarti Anda butuh kabel XLR antara mic condenser dan audio interface.

Dan jika Anda sudah bersiap memanfaatkan kelebihan dari dunia , maka Anda akan butuh kabel MIDI untuk melakukannya.

Apakah Anda masih memiliki model perangkat yang sedikit kuno?

Mungkin Anda membutuhkan kabel .

Nah, sempatkan waktu untuk membaca tuntas artikel ini, guna mengetahui dan memahami jenis-jenis kabel studio yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda.

Cerita di balik kabel mahal

Mungkin Anda pernah membaca online, atau pun mendengar penjelasan dari penjaga toko alat musik di kota Anda, tentang pentingnya memilih kabel berkualitas tinggi (mahal).

Mereka ‘menakut-nakuti' Anda dengan cerita bencana sebuah konser live yang gagal total, serta bagaimana kabel murah bisa mengacaukan semuanya.

Mungkin benar! Tapi itu bukan masalah yang kita punya.

Ada perbedaan. Ingat, kabel-kabel Anda nantinya akan tetap di tempatnya, terlindung di balik tembok ruangan studio Anda. Mereka tidak akan kemana-mana.

Tidak akan ada orang yang menginjak-injaknya. Mereka tidak akan dibongkar pasang setiap malam selama 3 bulan terus-menerus. Tidak akan pula kejatuhan cymbal yang bisa memutuskannya.

Jadi dalam hal ini, bisa dikatakan hanya ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih kabel studio yang baik:

1. Jenis kabel

2. Panjang kabel, dan

3. Kualitas

Mari kita bahas satu-satu:

Jenis konektor

Ini adalah beberapa tipe konektor yang sudah disinggung di atas, yaitu konektor instrumen 1/4″, XLR, RCA dan konektor MIDI.

Empat macam konektor tadi, sudah mencukupi untuk hampir semua perangkat yang Anda miliki. Anda sudah bisa menghubungkan antara gitar, keyboard, mikrofon, mixer, monitor, direct-box dan apapun yang Anda pikirkan, dengan pengecualian kabel power dan kabel data (USB / firewire).

Kabel instrumen 1/4″ sendiri memiliki varian balanced dan unbalanced, sementar kabel XLR seluruhnya adalah balanced.

Untuk konektor MIDI, ini adalah khas, Anda tidak mungkin menukarnya dengan lainnya.

Panjang kabel

Seberapa panjang seharusnya kabel untuk studio? Cukup panjang untuk bisa digunakan dengan nyaman tapi tidak terlalu panjang.

Saya bisa katakan, secara umum kabel dengan panjang lebih dari 5 meter, akan membuat ribet dan frustasi. Selain itu dengan panjang tidak lebih dari 5 meter, Anda tidak akan banyak mengalami distorsi sinyal.

Meskipun begitu, baik saya tegaskan: adalah lebih baik memiliki kabel yang ‘terlalu panjang', dibanding punya kabel yang ‘tidak cukup panjang'. Hal ini untuk menjaga agar jangan sampai Anda harus menggeser perabotan atau satu perangkat karena kabel sambungan yang tidak sampai.

Kesimpulannya, buatlah kabel sependek mungkin untuk menghindari keruwetan pengkabelan, tapi juga cukup panjang untuk digunakan dengan nyaman, tanpa harus menggeser sesuatu untuk mencapainya.

Dengan memiliki panjang kabel yang sesuai, studio akan terasa nyaman dan rapih.

Kualitas kabel

Pilihan kabel yang cukup mahal tentu berkualitas lebih baik, memiliki komponen emas berkualitas tinggi, konektor XLR balanced yang lebih baik dan biasanya dijamin dengan garansi seumur hidup.

Pilihan yang lebih murah hanya mengandung komponen nikel, konektor unbalanced dan bahan-bahan yang berkualitas lebih rendah.

Tapi…. sekali lagi, saya ingin menegaskan, meski dengan seluruh kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang pasti TIDAK ADA perbedaan kualitas audio yang berarti!

Saya telah membuktikannya!

Saya telah coba mendengarkannya dengan teliti, hasilnya, dari sisi kualitas audio, saya tidak bisa membedakan antara menggunakan kabel mahal dengan kabel yang lebih murah. Silakan Anda coba sendiri untuk membuktikannya.

Untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan, bukan hanya masalah kabel, melainkan perlu peningkatan kualitas semua komponen yang ada.

Tapi dengan begitu… Siapa kita? Studio profesional?

Dalam rangkaian semua perangkat studio, jika ada satu yang lemah, maka kualitas audio yang dihasilkan akan sama dengan komponen terlemah Anda. Tidak peduli meski semua komponen yang lain adalah kualitas terbaik dari yang terbaik.

Kembali ke masalah kabel. Jika Anda harus memilih kabel yang mahal, pilihlah untuk garansi yang ditawarkan. Itu saja.

Check Also

pop filter

Pop Filter: Penting untuk Take Vokal

Pop filter bisa membuat orang yang datang ke studio Anda merasa yakin bahwa Anda serius …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *