Mengaktifkan Sistem Moderasi Komentar Blogger

Setiap artikel yang di buat oleh para penulis blogger pastinya mereka menginginkan adanya komentar dari para user atau pengunjung. Tetapi kadang komentar yang datang atau masuk tidak sesuai dengan yang di inginkan, atau yang sering kita sebut denga komentar spam.

Coba kita perhatikan di setiap box komentar di bagian paling bawah blog rata-rata setiap blogger selalu memberikan peraturan untuk tata cara berkomentar di blog meraka dengan meletakkan text pemberitahuan di atas box komentar tersebut. Pasti kalian sering melihatnya pesan tersebut biasanya seperti berikut:

  1. Silahkan berkomentar yang baik.
  2. Dilarang menautkan link aktif.
  3. Dilarang komentar spam.
  4. DLL.

Mereka yang memberikan pesan seperti itu bisaanya sistem komentar pada blog mereka secara otomatis akan terposting. Maka dari itu mereka lebih dulu membuat peraturan untuk tata cara berkomentar di blog mereka agar di patuhi para pengunjung yang ingin berkomentar. Tetapi cara tersebut masih belum efisien, karena masih ada saja komentar-komentar masuk yang berbentuk spam yang dilakukan oleh pengguna-pengguna yang tidak tahu aturan itu.

Untuk cara mengatasi hal itu kita dapat menggunakan fitur sistem moderasi komentar, tujuannya adalah setiap ada komentar yang masuk maka akan di saring sebelum di tampilkan. Semua komentar yang masuk akan di saring di halaman moderasi komentar, dan anda dapat memilah komentar mana yang ingin ada setujui dan tidak setujui untuk di tampilkan di dalam komentar.

Dengan mengaktifkan fitur sistem moderasi komentar ini maka anda bisa meminimalisir bahkan tiak akan pernah terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan seperti komentar spam.

Komentar spam sangat banyak di artikan oleh orang-orang, sehingga antar pendapat mungkin akan berbeda dalam penjelasannya. Tetapi artinya akan tetap sama, kalau pendapat saya yang di artikan dengan komentar spam itu adalah komentar yang tidak sesuai dan tidak relevan. Artinya komentar tidak sesuai dengan sebuah konten yang dapat merugikan pemilikl maupun merugikan dari segi teknis.
contoh:

  1. Komentar yang berisi promosi suatu produk.
  2. Komentar yang berisi external link aktif.
  3. Komentar yang berulang-ulang (bom).

Ketiga contoh di atas dapat di pastikan bahwa itu adalah komentar spam. Seorang yang melakukan spam biasanya di sebut spamer.

Untuk menghindari hal-hal di atas utamanya komentar spam anda bisa memanfaatkan fitur blogger ini dengan mengaktifkan sistem moderasi komentar pada blogger anda dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Login akun blogger anda. Pilih menu Setelan >> Pos dan komentar.

Penjelasan no 3,4,5

3. Siapa yang dapat mengomentari. Pilih pengguna terdaftar, hanya akan menerima komentar yang memiliki identitas seperti ID atau Email opsi ini lebih baik karena, pengguna anonymous atau pengguna tanpa identitas tidak dapat mengirimkan komentarnya.

4. Moderasi komentar. Pilih selalu artinya ya anda mengaktifkan fungsi moderasi pada komentar, semua komentar yang masuk akan di saring di laman moderasi sebelum di publikasikan.

5. Kirim permintaan moderasi ke. Apabila kita mengaktifkan fungsi moderasi kita wajib mengisi email ini, email ini berfungsi untuk memberitahukan kepada anda apabila ada komentar yang masuk dan harus di moderasi (email notifikasi).

Jika telah selesai melakukan setting silahkan klik tombol simpan setelan di pojok kanan atas (warna orange).

Dengan mengaktifkan fitur ini maka seluruh komentar yang masuk akan tersaring dan anda dapat memilih-memilah komentar mana yang sepatutnya di tampilkan, dan ini juga dapat menghambat akan terjadinya komentar spam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here