Waktu Penting Anak Setiap Hari Source Images: iStock

Mengenal 3 Waktu Penting Bagi Anak Setiap Hari

ERUDISI.com – Ada beberapa yang perlu diperhatikan setiap harinya. Setidaknya ada tiga waktu penting yang perlu diperhatikan orang tua. Waktu ini sangat berpengaruh pada emosional dan perkembangan anak.

Anak dan Orang Tua

Anak adalah amanah yang diberikan Allah kepada orang tua. Kedekatan seorang anak sangat berpengaruh sekali pada perkembangannya. Apalagi anak-anak secara fitrahnya memerlukan sentuhan langsung dan emosional ayah dan ibunya.

Apalagi anak dan orang tua seperti satu tubuh yang tidak akan bisa terpisahkan sampai kapanpun. Buah hati yang hebat biasanya terlahir dari dukungan penuh orang tuanya. Anak yang berjiwa besar terlahir dari didikan orang tua yang juga berjiwa besar. Orang tua adalah teladan bagi buah hati.

Jadi tidak salah jika anak dan orang tua itu disebut sebagai sebuah tim yang akan membawa pada kesuksesan sebuah keluarga. Kesehatan jiwa dan mental keluarga berawal dari kesehatan semua anggota keluarga.

3 Waktu Penting Anak Dalam Sehari

1. Waktu Bangun Pagi

Percayalah baik dan buruk ya perlakuan yang diberikan kepada anak saat bangun pagi sangat mempengaruhi mood mereka seharian.

Usahakan untuk membangunkan mereka dengan tenang dan tanpa teriakan. Belai lembut mereka dan lafazkan doa bangun tidur agar mereka menanggapi bahwa ini sudah waktunya bangun.

Buat tidur mereka berkualitas dengan selalu memulai dengan rasa syukur, memandang ke luar jendela dan buat mereka berbahagia menyambut hari.

Tawarkan sarapan yang mereka sukai dan mulai berikan mereka rencana belajar dan bermain atau jadwal hari ini. Sebelumya mengajak mereka berolahraga ringan juga kebiasaan yang baik.

2. Waktu Setelah Berpisah Lama dengan Ayah Bunda

Percayalah ini waktu paling penting ayah bunda perhatikan. Dalam sehari waktu setelah berpisah lama dengan orang tuanya bisa karena ayah bunda bekerja, mereka pulang sekolah atau daycare jadi waktu penting dalam sehari yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

Karena seharian mereka sudah menahan emosi rindu pada ayah bunda jadi ajaklah mereka bercerita tentang apa saja yang mereka lakukan hari ini. Kegiatan apa yang mereka lakukan, apa yang membuat mereka berkesan, kesulitan yang dihadapi, apa menu makanan hari ini dan buatlah mereka senyaman mungkin dan kembali bersemangat setelah seharian berpisah dengan kita.

Pada waktu ini, ayah bunda perlu sekali memberikan perhatian lebih dengan mengajak mereka ngobrol sambil makan buah, snack atau lainnya.

3. Waktu Penting Anak Setiap Hari: Waktu Sebelum Tidur

Sebelum tidur adalah masa paling menyenangkan karena tidak ada urusan lain yang perlu dipikirkan ayah dan bunda. Apalagi waktu ini kedekatan orang tua dan anaknya sangat terasa sekali.
Bagi anak waktu sebelum tidur bisa berkumpul dengan orang tua adalah ketenangan bagi mereka.

Ajak mereka pillow talk, menceritakan banyak hal kisah-kisah nabi dan Rasulullah, sahabat nabi, dan banyak lagi. Jangan lupa ajak mereka banyak bersyukur atas kegiatan hari ini. Selain itu diskusikan apa yang akan mereka lakukan esok hari dan jangan lupa juga mengajak mereka berdoa dan mengerjakan Sunnah sebelum tidur.

Nah itulah waktu penting  anak setiap hari yang perlu jadi perhatian orang tua. Jangan pernah menyepelekan karena waktu ini akan meningkatkan antara anak dan orang tua. Dampaknya sangat besar bagi perkembangan buah hati kita. Semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah (Sumber foto:pixabay)

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah

ERUDISI.com – Hari libur sekolah telah tiba pasti kita sebagai orang tua ingin sekali membuat …