Istilah blogging dan pengertiannya
Source Images: Search Engine Journal

Mengenal 31 Istilah Blogging Dalam Dunia Blogger

ERUDISI.com – Istilah dalam dunia sangat banyak. Bahkan sering membuat kita keliru antara satu istilah dengan yang lain. Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam dunia , perlu sekali mengetahu berbagai istilah blogging ini.

Ini 31 Istilah Blogging Dalam Dunia

1. Author

Author adalah orang yang menulis postingan blog.

2. Anchor Text

Istilah ini biasa digunakan untuk mencantumkan sebuah URL di beberapa teks pada halaman website. Saat pengguna melihat halaman di browser, mereka bisa meng-klik teks untuk mengaktifkan tautan dan juga untuk mengunjungi halaman yang URL-nya ada di tautan.

3. Article/Blogpost

Artikel adalah satu postingan pada sebuah blog sering juga disebut blogpost. Artikel yang kita tulis sering diistilahkan blogpost.

4. Algoritma

Algoritma merupakan sebuah formula yang biasanya menggambarkan bagaimana halaman blog atau postingan. Algoritma menentukan apakah Artik kita masuk peringkat di hasil pencarian.

5. Alt Text

Alt tag sangat membantu pengguna maupun mesin pencari dalam membaca gambar. Sementara Alt text adalah kata atau frase yang menjelaskan sebuah gambar pada website.

6. API

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface. API ini berisi instruksi dan aturan program yang memungkinkan hubungan antar satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

7. Audience/Audiens

Audiens adalah orang yang membaca blog Anda kemudian mereka merespon, menyukai bahkan men-share artikel Anda.

8. Blog

Blog merupakan jenis website atau bagian dari sebuah website. Blog biasanya dikelola oleh personal atau sekelompok orang.

9. Blogger/Blogging

Blogger adalah orang yang menulis blog. Sementara blogging adalah aktivitas menulis blog .

10. Bounce Rate

Bounce Rate ini mungkin sangat sering sekali kita dengar. Istilah ini merupakan persentase orang yang mengunjungi situs Anda dan hanya melihat satu halaman saja sebelum meninggalkannya.

11. Captcha

Captcha singkatan dari Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart.

Captcha adalah kata yang perlu Anda ketik untuk memverifikasi diri Anda sebagai manusia, bukan robot atau mesin.Biasanya kita temukan saat kita meninggalkan komentar di beberapa blog atau saat membuat perubahan pada akun online.

12. CMS

CMS singkatan dari content management system adalah program software yang memungkinkan pengguna menambahkan konten ke website dengan lebih mudah.

CMS/Platform berfungsi untuk mengatur halaman website, landing page, dan blog kita sebelum kita memulai blogging.

13. cPanel

cPanel adalah alat administrasi berbasis web yang banyak disediakan oleh penyedia hosting. cPanel ini memudahkan pengguna dalam melakukan konfigurasi akun sendiri dengan metode yang mudah digunakan.

14. CSS

CSS atau Cascading Style Sheet merupakan tools untuk mempercantik tampilan blog. Seperti mengatur halaman web seperti layout halaman, warna, dan huruf yang digunakan agar tampilan blog menjadi menarik dan terlihat profesional.

15. Dashboard

Istilah yang sering sekali kita dengar adalah dashboard.  Dashboard ini adalah sumber utama untuk mengatur postingan, komentar dan moderasi.

16. Draft

Draft adalah postingan yang disimpan dan belum diterbitkan kembali. Postingan draft hanya bisa diedit melalui dasboard oleh pengguna.

17. Embed

Embed adalah  menempatkan konten dari website lain didalam postingan atau halaman blog Anda.

18. Evergreen Content

Evergreen Content merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan artikel yang tak lekang oleh waktu. Jadi sebuah postingan yang relevan sampai kapanpun dan tidak terikat waktu.

19. Favicon

Favicon sering juga dikenal dengan logo blog Anda. Favicon ini menjadi gambaran dari blog seseorang. Biasanya akan muncul pada address bar di browser, daftar favorit, atau bookmark.

20. Feed

Feed sering digunakan untuk membantu pengguna menunjukkan konten yang sering Anda update.

21. Header

Header adalah bagian atas dari blog Anda. Dia muncul sebelum halaman atau postingan manapun. Header menyertakan bagian-bagian seperti logo, menu navigasi dan tagline. Header berfungsi untuk mengatur tema blog Anda.

22. HTML

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language yaitu bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web.

23. Index

Index merupakan proses dimana mesin pencari menemukan konten Anda kemudian membuatnya tersedia untuk pengguna. Biasanya akan disimpan dan ditampilkan pada hasil pencarian.

24. Keyword

Keyword/Kata Kunci atau Keyphrase/Frase Kunci adalah istilah yang digunakan pada topic generator. Pemilihan  kata kunci menjadi proses yang menentukan topik apa yang sangat relevan untuk audiens target.

25. Meta Description

Meta Description adalah deskripsi singkat yang Anda tulis mengenai postingan atau halaman tertentu.

Meta Description ini sangat penting karena memberikan kesempatan Anda untuk menempatkan beberapa konten yang pengunjung cari pada halaman hasil pencarian.

Deskripsi yang bagus itu adalah 2 kalimat atau tidak lebih dari 150 karakter. Anda bisa menggunakan kata kunci atau frase target, untuk membuat orang ingin mengunjungi website Anda.

26. Meta Tags

Meta tags merupakan istilah komprehensif yang terdiri dari judul meta, kata kunci dan  deskripsi.  Tag sendiri merupakan elemen yang memberi informasi tentang halaman web.

27. Permalink

Permalink adalah alamat atau URL untuk postingan tertentu sebuah blog.

28. Robots

Robots.txt biasanya akan memberikan informasi tentang halaman web tertentu untuk membantu mesin pencari mengkategorikannya dengan benar.

29. RSS

RSS Singkatan dari Really Simple Syndication. RSS adalah  sarana bagi pengguna untuk berlangganan feed, misalnya blog feed.

30. SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merujuk pada bagaimana blog Anda masuk peringkat mesin pencari.

SEO biasanya berkaitan dengan kata kunci pada heading dan teks artikel serta banyak lagi. Optimasi SEO akan membuat artikel kita sangat mudah masuk page one..

31. Sitemap

Sitemap ini adalah direktori atau indeks publik yang membantu pengguna agar mudah mengakses halaman pada website Anda. Sitemap akan memudahkan pengunjung menemukan artikel-artikel kita.

Nah itulah beberapa istilah blogging yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi serta jangan lupa bagikan artikel ini ya.