Pengertian dan Gejala Soceraphobia

ERUDISI.com – Apa sih yang dimaksud dengan Soceraphobia ? Soceraphobia merupakan phobia terhadap mertua. Mereka yang mempunyai phobia ini biasanya cenderung memilih menghindari mertuanya, entah

Arga Fica

https://www.istockphoto.com/id/foto/konflik-keluarga-dua-generasi-ibu-tua-dan-putri-dewasa-gm1141301052-305710374?phrase=Mertua

ERUDISI.com – Apa sih yang dimaksud dengan ? Soceraphobia merupakan . Mereka yang mempunyai phobia ini biasanya cenderung memilih menghindari mertuanya, entah apa penyebabnya namun orang yang memiliki Soceraphobia ini pasti tidak sedikit orang yang mengalaminya.

Sama seperti orang yang phobia terhadap ketinggian ketika dia berada di ketinggian pasti dia akan merasa takut, cemas, gelisah dan khawatir yang berlebihan. Begitupun dengan orang yang memiliki phobia terhadap mertua, saat berhadapan langsung dengan mertua pasti mereka akan merasa tidak nyaman serta cemas, gemetar, dan merasa takut berlebihan.

Untuk tanda-tanda seseorang dapat dirasakan secara langsung saat bertemu dengan mertua, berikut beberapa tanda-tanda atau gejala seseorang mengalami soceraphobia.

Tanda-tanda seseorang mengalami :

1. Overthinking terhadap mertua

Saat memikirkan mertua mereka yang phobia terhadap mertua pasti akan merasa dan gelisah yang berlebihan. Bisa jadi orang yang mengalami soceraphobia ini ada ketakutan tersembunyi didalam dirinya seperti takut jika tidak disukai oleh mertua dan takut jika melakukan kesalahan yang tidak disukai oleh mertua.

2. Berbicara dengan cepat atau lambat

Saat berkomunikasi dengan mertua orang yang mempunyai phobia terhadap mertua tubuhnya akan terasa kaku dan biasanya tubuh juga mendadak merasa panas dingin dan mengakibatkan pada saat berkomunikasi dengan mertua kurang konsentrasi.

Sehingga mereka yang mengindap soceraphobia dalam menjawab pertanyaan dari mertua cenderung menjawab pertanyaan dengan spontan cepat sesuai apa yang ada didalam pikirannya dan ada juga yang menjawab dengan lambat karena memikirkan jawabannya dahulu sebelum menjawab pertanyaan mertua.

3. Jantung berdebar dengan kencang

Orang yang mengalami ketakutan pada saat berhadapan dengan hal yang mereka takuti pasti jantungnya akan berdebar-debar dengan kencang, sama halnya dengan orang yang memiliki soceraphobia saat berhadapan langsung dengan mertua pasti jantung akan terasa terus berdebar-debar.

Jantung yang berdebar-debar dengan kencang juga merupakan salah satu bentuk serangan panik sehingga dapat membuat tubuh seseorang yang mengalaminya menjadi gemetar dan juga dapat menyebabkan sesak nafas.

4. Menghindari mertua

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh seseorang yang memiliki soceraphobia adalah setiap kali ada pertemuan dengan mertua, mereka cenderung memilih menghindari daripada harus bertemu dengan mertua.

Karena phobia yang berlebihan terhadap mertua, mereka yang mengalami soceraphobia memilih mengerjakan ataupun sengaja mencari kesibukan agar dapat mempunyai alasan untuk mengindari mertua nya.

5. Menjaga perasaan mertua

Jika terpaksa harus melakukan kontak mata langsung dengan mertua pasti mereka akan sangat berhati-hati dalam bersikap maupun dalam perkataannya , dia takut jika mertua nya tidak nyaman dan tidak suka dengannya.

Memberanikan diri untuk berhadapan dengan hal yang ditakuti memang baik namun berbeda lagi jika harus memaksakan diri untuk berhadapan dengan hal yang dapat ditakuti, karena dapat membuat seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa hal yang dapat dirasakan oleh seseorang yang mengalami soceraphobia, segala ketakutan apapun jika tidak segera diatasi dapat membuat seseorang tidak akan pernah terlepas dari segala ketakutan nya.

Dalam mengatasi soceraphobia jika tidak dapat dilakukan sendiri alangkah baiknya berkonsultasi kepada orang yang ahli dalam menangani seperti psikolog dan psikiater, jangan ragu untuk berkonsultasi karena dengan berkonsultasi psikolog dapat memberikan penanganan dan juga masukan yang positif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post