Pengertian Motivasi dan Manfaatnya

ERUDISI.com – Motivasi merupakan sebuah rangkaian kalimat yang dapat memberikan dorongan kepada diri manusia setiap kalimat atau kata motivasi dapat mempengaruhi pola pikir dan juga

Arga Fica

Pengertian Motivasi dan Manfaatnya foto:(pexels)
Pengertian Motivasi dan Manfaatnya foto:(pexels)

ERUDISI.com – sebuah rangkaian kalimat yang dapat memberikan dorongan kepada diri manusia setiap kalimat atau kata pola pikir dan juga tindakan seseorang.

Motivasi juga ada dan terdapat dalam diri setiap seseorang yaitu motivasi yang ada di dalam diri manusia berupa rasa dorongan ingin melakukan dan mencapai apa yang dipikirkan dan diinginkan.

Misalnya saja kita hampir dibuat menyerah dengan keadaan yang kita rasa begitu mustahil dan sulit untuk dilewati namun ada seseorang terdekat kita yang menasehati kita dengan menggunakan , setelah mendengarkan nasehatnya seolah-olah hati kita mempunyai rasa semangat ingin terus maju menghadapi segala rintangan yang ada sesulit apapun itu.

Apakah motivasi sangat diperlukan untuk diri seseorang? Mungkin setiap orang akan menjawab berbeda-beda namun setiap kalimat motivasi yang cocok dengan keadaan dan perasaan seseorang, biasanya dapat membuat seseorang menjadi tenang dan lebih semangat lagi untuk terus melangkah.

Selain itu ada beberapa manfaat kalimat motivasi bagi diri kita, tentu nya kalimat motivasi sangat memberikan dampak positif bagi setiap pendengarnya.

Berikut Beberapa :

1. Membangkitkan Semangat

Setiap kalimat dan kata-kata motivasi bisa dijadikan seseorang sebagai kalimat penguatan disaat seseorang mengalami keterpurukan, keadaan yang sulit dan juga disaat seseorang ingin mengalami sebuah perubahan yang lebih baik lagi. Untuk itu kalimat motivasi bisa membangkitkan rasa semangat yang ada di dalam diri kita, sehingga rasa semangat yang muncul akan memberikan dorongan dari dalam hati kita untuk terus berusaha melakukan yang terbaik.

2. Pantang Menyerah

Manusia merasakan lelah merupakan hal yang wajar dan tidak sedikit orang yang hampir pernah ingin menyerah akan impian ataupun masalah yang sedang di hadapinya karena merasa lelah dan tidak sanggup lagi, namun ketika seseorang ingin menyerah pada keadaan pasti di dalam hatinya juga merasa tidak rela jika harus menyerah begitu saja mengingat perjuangan yang tidak mudah untuk sampai di titik ini.

Tak jarang seseorang juga berusaha untuk mengingatkan dirinya dan berusaha memotivasi dirinya sendiri untuk terus berjuang pantang menyerah hingga mencapai apa yang selama ini di harapkan.

3. Memberikan Energi Positif

Seseorang yang termotivasi dengan sebuah kalimat yang dianggap nya benar maka dia akan memegang teguh kalimat tersebut, dia akan mengunakan kalimat motivasi sebagai pedoman untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi dari sebelumnya.

Seseorang yang termotivasi juga auranya lebih ceria dan bahagia karena di dalam diri orang yang termotivasi tidak ada rasa kekhawatiran,kecemasan dan ketakutan dalam menghadapi segala rintangan yang ada dan dia malah akan menganggap bahwa rintangan tersebut adalah tantangan yang harus ditaklukan.

4. Menjadikan Diri Lebih Bijak

Setiap kalimat motivasi mengandung makna yang mudah untuk dipahami oleh seseorang karena kalimatnya yang bijak dan juga sering berkaitan dengan kehidupan manusia.

Kalimat motivasi kini seperti sudah melebar luas di media sosial, banyak orang yang membuat dan mengshare kalimat motivasi seperti quotes maupun cerita inspirasi lainya yang dapat membuat seseorang yang melihatnya termotivasi untuk menjadi seperti sosok yang memotivasinya.

5. Sebagai Pengingat Diri

Dampak positif dari kalimat motivasi adalah dalam kalimat motivasi selalu tak jarang mengingatkan kita untuk tidak boleh sombong,menyerah,bohong dan lainnya masih banyak lagi seakan-akan kalimat motivasi juga seperti panduan hidup yang bisa diterapkan untuk menjadi pribadi yang baik.

6. Mampu Menentukan Arah

Saat kita mempunyai impian dan tujuan dalam hidup pasti dalam diri kita sudah ada niatan dan dari niatan itulah yang memotivasi dan mendorong kita untuk terus melangkah mencapai tujuan yang kita harapkan.

Jika manusia mempunyai rencana maka Tuhan pasti akan menetapkan dan menunjukan jalan nya bagi kita, dan bagian kita adalah kita harus tetap mencari dan berusaha menjalani setiap langkah yang kita pilih.

Apalagi jika kita sudah mampu berfikir secara dewasa maka kita juga harus memiliki sikap tanggung jawab terhadap jalan yang kita pilih, tidak boleh berhenti dan mundur di tengah jalan harus tetap terus melangkah maju sampai meraih tujuan.

Sebuah motivasi dapat mempengaruhi setiap pikiran dan tindakan seseorang untuk kedepannya, setiap kata motivasi juga memberikan peringatan kepada seseorang untuk selalu berfikir sebelum bertindak dan hati-hati saat bertindak agar tidak ada rasa penyesalan dikemudian hari.

Related Post