Breaking News
Pengertian Promosi, Strategi dan Tujuan Promosi (Sumber foto:pexels)
Pengertian Promosi, Strategi dan Tujuan Promosi (Sumber foto:pexels)

Pengertian Promosi, Strategi dan Tujuan Promosi

ERUDISI. com – merupakan sebuah kegiatan memperkenalkan ataupun menawarkan sebuah jasa maupun produk kepada calon customer dengan detail, agar produk dapat dikenali dengan baik oleh calon customer dan juga sebagai salah satu cara untuk menarik minat calon customer.

Sebuah promosi juga termasuk dalam strategi penjualan yang paling digemari oleh hampir semua pelaku usaha.

Dengan menerapkan bagi pelaku usaha mereka merasa bahwa, strategi promosi sangat membantu menjangkau calon customer.

Menerapkan Strategi Promosi

Ada beberapa strategi promosi yang bisa perusahaan lakukan untuk memasarkan produk maupun jasa mereka kepada calon customer, cara ini juga sudah biasa diterapkan oleh perusahaan yang memiliki brand atau merek terkenal loh simak strategi promosi berikut ini.

1. Pemberian Diskon

Memberikan diskon kepada calon customer untuk setiap minimal pembelian yang telah ditentukan juga merupakan salah satu strategi yang banyak diminati oleh pelaku usaha.

Di dalam proses memberikan diskon ini juga bermacam-macam ada yang memakai diskon 10%,20% atau bahkan 50% setengah dari harga produk yang ditawarkan semuanya tergantung oleh kebijakan perusahaan.

2. Potongan Harga

Agar customer dapat menjadi pelanggan tetap tak jarang perusahaan memberikan potongan harga untuk customernya, cara ini dilakukan supaya customer merasa nyaman dan senang saat berbelanja di usahanya dan bersedia untuk datang kembali.

Memberikan potongan harga kepada pelanggan tentu tidak akan menimbulkan kerugian bagi usaha jika kita mengetahui trik nya, memberikan potongan harga bisa juga dilakukan dengan cara hindari memakai harga yang sama dengan pasar namun pakailah harga dibawah harga pasaran .

Meski menjual produk dengan harga dibawah pasaran kita tidak akan rugi, karena kita juga akan memperoleh keuntungan meskipun keuntungan yang diperoleh tidak terlalu terbesar.

Trik memberikan potongan harga ini dapat membuat calon customer merasa bahwa berbelanja di tempat usaha kita jauh lebih hemat dari pada berbelanja di tempat yang lain, sehingga trik ini juga dapat dengan mudah menarik perhatian dari pelanggan baru untuk datang ke tempat usaha kita.

3. Memberikan Hadiah

Memberikan hadiah kepada pelanggan juga merupakan cara menarik perhatian pelanggan loh, biasanya untuk mendapatkan hadiah maka calon pelanggan harus membeli produk yang ditawarkan atau bisa juga perusahaan mematok minimal pembelian.

Hadian bisa berupa dalam bentuk sovenir seperti tas,dompet, piring cantik, gelas dan lain-lain atau bisa juga dengan mengunakan barang seperti sabun, minyak, gula maupun bingkisan kecil lainnya.

Cara ini cukup efektif membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, karena selain menawarkan kenyamanan juga menyediakan hadiah yang bisa didapatkan.

4. Flash Sale

Promosi flash sale merupakan strategi yang dimana dalam strategi ini sebuah perusahaan menjual produk dengan jumlah stok terbatas namun dengan harga yang murah. Siapa yang tidak tergiur dengan promo murah ini coba? Pasti setiap seseorang yang melihat progam promo tersebut akan langsung tertarik untuk membelinya.

5. Mendapat Tambahan Produk Gratis

Bagi brand baru yang ingin bersaing dipasaran dapat menggunakan trik penjualan ini, contohnya beli 1 gratis 1 atau setiap pembelian 2 produk gratis 1 dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan perusahaan yang telah ditentukan.

Cara ini juga dapat membuat pelanggan tertarik untuk mencoba dan membeli produk kita, karena cara ini dapat membuat pelanggan merasa hemat dalam berbelanja.

6. Iklan

Ada banyak perusahaan juga yang memakai stasiun televisi, radio sampai media sosial untuk mempromosikan produk dan jasa yang mereka miliki.

Melakukan promosi melalui televisi, radio dan sosial media telah terbukti dapat membantu perusaan memperkenalkan setiap produk dan jasa mereka hingga menjangkau calon customer seluas-luasnya.

Tak jarang juga sebuah perusahaan rela membayar meski tidak sedikit untuk memakai jasa influencer untuk memperluas jangkauan pelanggan, namun memakai jasa influencer juga telah terbukti dapat mendatangkan calon customer kepada kita.

7. Brosur

Brosur merupakan selembar kertas yang berisikan tentang spesifikasi produk yang akan diperjualbelikan, biasanya didalam brosur juga telah tercantum harga dari produk tersebut.

Jika kita tertarik dengan produk yang ditawarkan maka kita bisa langsung menghubungi nya dengan datang ke tempatnya ataupun melalui via telpon, karena didalam brosur juga telah terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi.

Hingga saat ini masih ada perusahaan yang memakai brosur untuk mempromosikan produknya, karena cara ini cukup menghemat biaya dan tenaga.

Bagi Pelaku Usaha

Setelah mengenal dan mengetahui promosi serta cara menerapkan strategi promosi, kita perlu mengetahui tujuan dari kegiatan promosi dan berikut tujuan promosi tersebut dan berikut beberapa tujuan promosi.

1. Menarik Calon Pelanggan

Dalam kegiatan berdagang atau penjualan pasti yang kita targetkan adalah kita bisa mendapatkan pelanggan. Salah satu tujuan melaksanakan kegiatan promosi ini tidak lain juga upaya cara mendapatkan pelanggan, baik itu pelanggan baru ataupun untuk mempertahankan pelanggan tetap.

2. Bersaing Dengan Produk Pasar

Agar produk atau jasa kita bisa dikenal oleh calon customer kita memerlukan sebuah promosi, sebagai cara untuk pendekatan kepada calon customer.

Karena ketika produk kita turun dipasaran nanti banyak sekali produk yang mungkin menawarkan barang atau jasa yang hampir sama atau sama dengan produk yang kita pasarkan, tugas kita adalah menggunakan promosi untuk mengenalkan keistimewaan dan keunggulan produk kita kepada pelanggan agar mampu bersaing dengan produk dari perusahaan lain.

3. Meningkatkan Penjualan

Dengan bermacam cara penerapan strategi promosi ini terbukti dapat membantu menaikan omset perusahaan, barang yang dipromosikan kepada calon customer secara rinci dapat membuat calon customer merasa tertarik untuk membeli.

4. Meningkatkan Citra Perusahaan

Setiap cara pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan baik itu pelayanan yang baik atau sebaliknya dapat mempengaruhi citra perusahaan, jika kita ingin mendapatkan citra perusahaan yang baik maka kita juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan tanpa membedakannya.

Semakin baik pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan maka semakin baik dan bagus juga citra perusahaan kita, sehingga akan menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mempertahankan dan menarik calon pelanggan baru.

5. Memberikan Informasi Produk

Mungkin ada beberapa calon customer yang belum paham akan fungsi dan keunggulan dari produk yang kita pasarkan, untuk itu tujuan dari promosi ini adalah memberikan informasi yang sebenar-benarnya mengenai tentang produk yang kita tawarkan.

Sehingga cara ini dapat membuat customer paham dan tidak takut untuk mencoba produk yang kita tawarkan, jika produk yang kita tawarkan adalah barang elektronik maka kita bisa membantunya dengan cara menunjukan cara pemakaiannya dan perawatannya.

Strategi promosi dalam proses penjualan mempengaruhi dan membantu dalam meningkatan skill penjualan sehingga produk dapat dengan mudah terjual dan menarik minat calon pelanggan.

 

Check Also

Ide sayur kemasan siap masak

20 Ide Paket Sayur Kemasan Bisa Jadi Inspirasi Bisnis Rumahan

ERUDISI.com – Ide paket sayur kemasan yang bisa jadi ladang cuan. Banyak sekali ide kreatif …