Oleh-oleh khas kota Palu
Source Images: Instagram @mohrizwan_r

Rekomendasi Jajajan Khas Palu, Semua Wajib Coba

ERUDISI.com – Jajanan khas Kota Palu. Saat berkunjung ke Kota Palu tentu saja selain destinasi wisatanya, yang membuat kita tertarik adalah kuliner khasnya. Termasuk dengan ibukota Tengah ini.

Mengenal Kota Palu

Kota ini dijuluki sebagai kota lima dimensi karena
terdiri dari lembah, lautan, sungai, pegunungan dan teluk. Tempat ini terdiri dari 8 kecamatan dan 46 kelurahan. Luasnya mencapai 395,06 km2 dan saat ini jadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

yang terkenal adalah jembatan ponulele, masjid apung, danau Sibili, Taipa Beach, taman ria dan banyak lagi. Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri karena berada di tepi laut.

Rekomendasi Jajajan Khas Kota Palu

Banyak sekali jajanan khas Kota Palu yang bisa kita cicipi lho. Berikut beberapa rekomendasi jajajan khas Kota Palu ini.

1. Lalampa

Sekilas mirip kue lemper, bedanya lalampa berisi ikan cakalang. Kadang juga ada isi tuna atau tongkol yang dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar. Ukuran lalampa sedikit kecil daripada lemper. Biasa harganya Rp. 5000 per lalampa.

2. Panada

Panada ini mirip pastel tapi dengan olahan roti goreng. Biasanya isiannya adalah ikan dan mulai banyak kreasi aneka isian seperti sayuran, bihun dan ayam. Banyak orang jual dari harga 3 ribu rupiah tergantung isian.

3. Jajajan Khas Palu : Baroncong

Baroncong mirip kue pukis tapi rasanya manis legit dengan isian parutan kelapa. Kue Baroncong ini tidak sulit kita temui jika berkunjung ke Palu. Kue Pancong, Kue Bandros atau kue kui-kui sama dengan Baroncong. Hanya penyebutan saja yang berbeda.

Khusus untuk Baroncong mulai banyak dikreasikan oleh pedagang. Selain manis juga ada rasa asin saat ini. Harganya sangat murah mulai dari seribu rupiah tergantung ukuran kue dan rasanya.

4. Putu Khas Palu

Mungkin pertama kali mendengar kata Putu, teringat Putu Ayu dengan rasa manisnya. Tapi tidak dengan Putu Palu. Putu Kota Palu ini terbuat dari  ketan yang dicampur kelapa muda dan ditambah taburan  duo.

Duo ini adalah ikan kecil-kecil mirip ebi segar kemudian diolah dengan tomat dan cabai tapi bukan saos tomat ya. Rasanya enak dan cocok jadi menu sarapan. Nikmat sekali. Apalagi bagi perantau Palu pasti kangen sama makanan ini.
Harganya mulai dari 15 ribu.

5. Kue Bagea

Nah, jenic Camilan ini juga sangat favorit bagi pengunjung Palu. Kue Bagea terbuat dari tepung sagu, telur, kismis, dan soda kue kemudian dipanggang.

Rasanya gurih sekali. Harganya hanya 10 ribu per pack.

6. Jepa'

Satu lagi jajajan khas Palu yang sangat familiar kita temui di jalanan Kota Palu. Biasa disebut juga Tabaro Dange. Olahan dari sagu ini sangat khas karena dibakar.
Bagi yang pertama kali mencoba memang masih asing, tapi bagi yang sudah sering pasti ngangenin.

Ada empat pilihan rasa jepa' ini yaitu original, isian gula merah, sambal ebi dan ikan. Harganya mulai dari 3 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah.

7. Olahan Ikan Roa

Kota Palu terkenal berada di pinggiran laut dan hampir semua kuliner mereka berbahan ikan. Salah satunya Ikan Roa. Ikan Roa sering kita jumpai di beberapa tempat wisata di Palu. Biasa mereka olah dalam bentuk rica-rica atau sambal roa.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jajajan khas Kota Palu yang bisa kita cicipi saat berkunjung atau pindah ke Palu ya. Semoga bermanfaat.

Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Jangan lupa bagikan artikel ini ya.