Syarat Terjadinya Koordinasi yang Baik dalam Sebuah Organisasi

Untuk dapat mencapai tujuan dari suatu organisasi, maka sebuah koordinasi harus berlangsung secara baik. Sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran juga tumpang-tindih dalam penugasan, serta ketidaktepatan dalam melakukan tugas.

Adapun syarat koordinasi yang baik menurut Melayu SP Hasibuan, adalah sebagai berikut:

1. Setiap bagian atau orang yang melakukan koordinasi harus memiliki perasaan untuk bekerja sama atau disebut Sense of Cooperation.

2. Perusahaan atau lembaga yang besar dalam rangka untuk mencapai kemajuan dalam organisasi, maka dari masing-masing bagian akan melaksanakan persaingan atau lomba. Syarat ini disebut rivallity.

3. Dari masing-masing bagian dan anggota organisasi harus saling menghargai antara satu dan yang lain sebagai tim.

4. Bagian-bagian yang diikutsertakan atau dihargai pada umumnya akan menambah semangat untuk bekerja bagi semua anggota organisasi. Hal ini disebut Esprit de Corps.

Pada dasarnya, organisasi yang kuat ditentukan oleh semangat anggota-anggotanya dan juga kekuatan koordinasi, serta harmoni antara hubungan anggota yang satu dan anggota yang lainnya. Sehingga dalam organisasi harus memiliki yang namanya skalar prinsiple atau asas skala yang disebut sebagai hirarki organisasi.

Dalam hirarki organisasi harus ada satu orang yang memiliki kewibawaan ataupun wewenang yang mampu mengatur koordinasi antar lini dalam organisasi. Dalam sebuah organisasi juga harus ada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang mengatur tugas dan wewenang setiap lini dan bagian agar koordinasi bisa berlangsung dengan baik.