Tentang Posting Blog

Posting blog adalah bagian terpenting dari blog Anda. Posting adalah konten utama dari sebuah blog yang harus mengisi setidaknya 75% dari ruang blog Anda. Posting inilah yang membuat pembaca blog Anda kembali lagi dan lagi untuk mengetahui apa yang ingin Anda katakan tentang topik yang dipilih.

Perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum Anda memposting Artikel

1. Judul posting blog

Judul posting adalah unsur yang sangat penting dari postingan Anda. Judul posting harus dibuat sebagus mungkin dengan tujuan untuk menarik minat pengunjung untuk membuka dan membaca lebih lanjut.

Selain itu, judul posting juga teramat penting dari sisi SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin pencari. Search engine memberi nilai tinggi pada judul posting dalam menetapkan ranking hasil pencarian mereka, karenanya menggunakan keyword (kata kunci) populer dapat membantu banyak mendatangkan trafik (pengunjung) ke blog Anda.

Hanya saja, Anda harus berhati-hati dalam hal ini. Gunakan kata kunci yang benar-benar relevan denga isi artikel, jika tidak posting Anda bisa dianggap spam oleh mesin pencari, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap trafik blog Anda.

2. Tanggal posting

Adalah benar bahwa blog yang sering update postingan secara teratur lebih berpeluang untuk sukses. Selain itu, pengunjung blog Anda pun akan melihat tanggal postingan untuk menentukan seberapa bernilainya blog Anda.

Posting blog yang dipublikasikan secara acak, tidak teratur dengan jeda cukup lama antara satu posting dan posting berikutnya, akan dianggap kurang bernilai dibandingkan blog yang mengupdate postingan lebih sering dan dengan jadwal yang konsisten.

3. Penulis posting (Author)

Informasi tentang penulis penting untuk mengetahui penulis dari masing-masing posting, khususnya bagi blog yang memiliki penulis lebih dari satu.

4. Tautan (link)

Umumnya blog memiliki tautan-tautan di dalam postingannya. Link tersebut dibuat untuk merujuk sumber informasi atau ide yang diungkap dalam postingan atau bisa juga sebagai informasi tambahan yang berguna bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai suatu topik tertentu.

5. Gambar dalam posting

Tentang Posting BlogGambar atau image tidak hanya menambah ‘warna’ dalam sebuah postingan, tapi gambar juga berperan membantu mendatangkan trafik ke blog.

Banyak orang mencari dengan menggunakan kata kunci untuk menemukan sebuah gambar atau image melalui mesin pencari. Dengan memberi ‘nama’ berupa keyword yang tepat pada gambar yang digunakan di dalam postingan, Anda dapat meningkatkan trafik ke blog Anda melalui image tersebut.

Gunakan gambar dalam setiap postingan, namun ingat gambar seharusnya menambah cantik tampilan blog dan memberi nilai lebih pada sebuah postingan. Bukan malah sebaliknya membuat ‘ruwet’ dan membingungkan pengunjung. Gunakan gambar dengan bijak.

6. Bagian komentar

Terpisah dari konten / artikel, bagian komentar memiliki peran penting dalam sebuah blog. Melalui ini memungkinkan terjadinya interaksi antara penulis konten dengan pembaca, bahkan antara pembaca dengan pembaca lainnya.

Merespon dengan baik semua komentar yang masuk adalah salah satu aspek yang ikut menentukan sukses tidaknya sebuah blog. Karena dengan begitu akan terjalin komunikasi dua arah serta penting dalam membentuk komunitas blog Anda.

Itulah sekilas tentang sebuah postingan blog, serta unsur-unsur yang sekiranya perlu diperhatikan setiap membuat sebuah posting.Anda memiliki hal lainnya?

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here