Tips Mencegah Kehilangan dan Kebobolan Koper Saat di Bandara

Sering bepergian dengan pesawat dan merasa khawatir barang bawaan hilang, rusak atau tertukar? Ini hal yang wajar, terlebih sejak terbongkarnya kasus pencurian bagasi penumpang pesawat di bandara yang dilakukan oleh porter.

Untuk mencegah kehilangan dan kebobolan atau tertukarnya koper saat di bandara, simak tips berikut:

1. Jangan membawa banyak barang

Dengan membawa sedikit barang akan mengurangi resiko kehilangan di bandara. Selain itu jika barang yang Anda bawa sedikit maka tidak perlu untuk menggunakan bagasi dan bisa Anda bawa sendiri masuk ke dalam pesawat dan diletakkan di kabin.

2. Gunakan gembok dan lakban

Agar koper Anda tidak dibuka oleh orang lain saat di bandara atau bagasi pesawat, gunakanlah gembok untuk mengunci kepala resleting koper. Jika Anda rasa masih kurang lilitkan juga lakban pada resleting koper.

3. Gunakan koper yang mencolok

Selain resiko kehilangan Anda juga wajib memperhatikan risiko tertukarnya koper dengan penumpang lain. Untuk mengurangi resiko tertukarnya koper dengan penumpang lain gunakanlah koper yang lebih mencolok dan beda dari yang lain. Dengan menggunakan koper yang lebih mencolok seperti bentuk dan warna yang beda dari koper kebanyakan, maka koper Anda lebih mudah dikenali.

4. Gunakan direct flight

Direct flight atau penerbangan langsung tanpa transit dapat mengurangi resiko kehilangan barang. Karena dengan seringnya transit apalagi sampai bertukar pesawat, barang Anda akan berpindah tempat.

5. Bungkus koper dengan plastik

Walaupun cara ini sedikit berlebihan tapi demi keamanan kenapa tidak Anda coba. Bungkuslah koper dengan plastik tipis sehingga dapat menempel pada koper dan selanjutnya berilah selotip. Bahkan saat ini sudah banyak bandara yang menyediakan jasa pembungkusan koper untuk para penumpang.

6. Asuransikan koper

Memang dengan mengasuransikan koper atau barang bawaan tidak mempengaruhi kehilangan atau kebobolan koper saat di bandara. Tapi setidaknya dengan dengan mengasuransikan koper, jika terjadi kehilangan atau kerusakan Anda bisa melakukan klaim. Sebelum mengasuransikan barang pastikan besaran klaim lebih atau setidaknya sama dengan barang yang Anda bawa. Tak ada salahnya mengeluarkan uang lebih asalkan barang bawaan aman.

Itulah tips mencegah kehilangan dan kebobolan koper saat di bandara. Walaupun kehilangan dapat menimpa siapa saja, tapi setidaknya meminimalisir resiko adalah langkah yang tepat. Semoga dengan mempraktekkan tips ini, barang bawaan Anda lebih aman dari resiko kehilangan dan kebobolan saat di bandara.