Tips Mengatasi Aplikasi BBM Lemot, Lambat, Ceklis, Tanda Jam dan Tidak Terhubung

Tips Mengatasi Aplikasi BBM Lemot, Lambat, Ceklis, Tanda Jam dan Tidak Terhubung.

Aplikasi BBM saat ini sangat populer terutama di Indonesia sebagai media komunikasi, karena aplikasi BBM ini lebih cepat sampai dibandingkan dengan SMS, juga bisa untuk mengirimkan file media.

Tapi bagaimana jika saat keadaan penting, BBM justru bermasalah? Di bawah ini beberapa daftar masalah-masalah yang sering dihadapi oleh pengguna BBM:

1. Lambat

Lambat di sini ada 2 versi: lambat jaringan dan lambat sistem:

  • Lambat Jaringan
    Untuk masalah ini biasanya disebabkan oleh kurang stabilnya jaringan pada ponsel sehingga data internet mengalami gangguan sehingga aplikasi BBM tidak mampu mengirim data melalui jaringan tersebut.
  • Lambat Sistem
    Lambat sistem biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang maupun aplikasi yang aktif terus menerus yang kita gunakan sehingga pada saat kita membuka aplikasi tersebut sangat terasa lambat namun hal ini jarang terjadi pada pengguna yang menggunakan ponselnya hanya untuk media sosial saja.

2. Ceklis

Ceklis biasanya tertundanya pesan kita ke lawan pesan, namun data pesan kita tersebut sudah diantrikan hanya saja menunggu lawan pesan kita sampai benar benar aktif aplikasi BBM tersebut.

Catatan:

Kita:
Jaringan internet: OK
Aplikasi: OK

Lawan:
Jaringan Internet: Bermasalah
Aplikasi: OK

3. Tanda Jam

Untuk tanda jam pada pesan BBM kita maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah jaringan pada ponsel kita yang dimana jaringan tersebut tidak terhubung sama sekali.

Catatan:

Kita:
Aplikasi: OK
Jaringan Internet: Bermasalah

Lawan:
Aplikasi: OK
Jaringan internet: OK

4. Tanda Silang

Tanda ini menandakan bahwa pada aplikasi BBM lawan tidak sama sekali tersentuh jaringan atau masih dalam keadaan nonaktif.

Catatan:

Kita:
Aplikasi: OK
Jaringan Internet: OK

Lawan:
Aplikasi: OK
Jaringan Internet: Nonaktif

Beberapa daftar di atas adalah beberapa masalah umum yang biasa ditimbulkan oleh aplikasi BBM tersebut dan sebenarnya masih banyak lagi masalah-masalah lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Cara Mengatasi

Jika yang bermasalah pada sistem yang memungkinkan aplikasi sangat lambat dibuka, cobalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang mungkin bisa sedikit membantu atau bisa juga dengan memulai ulang aplikasi dengan cara sebagai berikut:

Masuk pada Setting atau pengaturan lalu cari Manajer aplikasi, APL, APP lalu masuk dan cari aplikasi BBM tersebut klik lalu cari kembali kata kata Paksa Henti lalu paksa henti aplikasi BBM  dan lakukan kembali menjalankan aplikasi BBM tersebut.

Nah, jika jaringan bermasalah maka cara mengatasinya adalah dengan memulai ulang jaringan dengan cara sebagai berikut:

Masuk pada pengaturan lalu cari dibagian jaringan dan kembali cari mode penerbangan, biasanya mode penerbangan sudah disiapkan di Widget pada sistem dan biasanya terletak pada navigasi atas.

Jika sekiranya sudah mengaktifkan mode penerbangan beberapa saat lalu matikan kembali mode pesawat tersebut lalu biarkan jaringan stabil terdahulu, jika sudah stabil maka cobalah menjalankan aplikasi BBM kembali.