5 Hal yang Harus Dipersiapkan Orang Tua Ketika Tahun Ajaran Baru Tiba

Setelah selesai merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini. Sebagai orang tua, seharusnya Anda masih menyisihkan uang untuk keperluan pendidikan anak memasuki tahun pelajaran baru.

Karena akan ada banyak sekali kebutuhan mendasar yang dibutuhkan anak anda saat mereka akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya baik itu SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Adapun hal-hal mendasar yang harus anda persiapkan, di antaranya:

Iklan

1. Mempersiapkan biaya pendaftaran

Untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA atau sederajat, biasanya untuk sekolah negeri adalah gratis. Tapi untuk sekolah swasta, Anda perlu menyiapkan dana lebih banyak daripada di sekolah negeri. Untuk perguruan tinggi, hampir selalu membutuhkan biaya untuk registrasi, sehingga orang tua harus mempertimbangkan benar-benar untuk hal ini dengan mempersiapkan dana khusus untuk biaya pendaftaran pendidikan anak.

2. Biaya seragam

Untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA, anda harus mempersiapkan biaya seragam. Baik untuk membeli seragam jadi maupun menjahitkan seragam yang diberikan pihak sekolah.

3. Sepatu dan peralatan kecil lainnya

Hal yang sering tidak terduga sebelumnya, biasanya sepatu, sabuk dan beragam benda-benda kecil lainnya, seperti buku, pensil dan penghapus.

4. Uang saku harian

Dalam menyekolahkan anak, sebenarnya uang saku harian adalah pengeluaran paling besar yang harus dikeluarkan oleh orang tua. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus benar-benar mempersiapkan pengeluaran harian ini, karena mau tidak mau, pengeluaran harian ini harus ada setiap harinya, baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA apalagi perguruan tinggi.

5. Pembelian buku text book

Khusus untuk jenjang perguruan tinggi, mahasiswa membutuhkan buku text book di setiap materi ajarnya. Maka dari itu, perlu dana lebih untuk membeli buku text book maupun membuat makalah dan berbagai kegiatan perkuliahan lainnya.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC