Woman, friends and love hug in city outdoors together for freedom, support and lesbian couple in street. Asian people, friendship and emotional hugging for grief or sadness in urban city street

5 Cara Mengampuni dan Memaafkan Seseorang

dan seseorang bukanlah perkara yang mudah, apa lagi jika orang tersebut pernah melakukan sebuah kesalahan yang begitu besar kepada kita atau pernah menyakiti perasaan kita pasti memaafkan bukanlah hal yang mudah. bukan hanya sebatas mengucap kata memaafkan dan mengampuninya hanya sebatas lewat perkataan dari mulut saja, namun mengampuni harus dilakukan dari hati yang tulus.

Jika kita belum orang yang bersalah kepada kita maka artinya sama dengan hati kita menyimpan kepahitan dan kesakitan, jika ada sesuatu yang tidak baik tersimpan di dalam hati kita lama-kelamaan hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi diri kita.

Jangan terlalu membenci seseorang karena kesalahannya saja, meski memang benar kesabaran seseorang ada batasnya namun jangan biarkan kebencian itu terus bertumbuh di dalam hati kita. Jangan pernah mengotori hati kita dengan kebencian.

Lalu bagaimana saya bisa mengampuni seseorang yang telah melukai hati saya? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar hati kita bisa mengampuni seseorang yang bersalah kepada kita dengan tulus. Berikut beberapa cara agar kita dapat mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

orang yang bersalah kepada kita :

1. Berniat memaafkan

Segala sesuatu entah baik atau buruk pasti diawali dengan niat, jika niat kita baik maka segala hal yang ingin kita harapkan kemungkinan besar bisa saja terwujud.

Begitu pula dengan hal mengampuni jika kita memiliki niatan untuk bisa pasti kita bisa memaafkannya, terlepas dari seberapa besar kesalahan yang dia perbuatan kepada kita.

2. Ikhlas

Mengikhlaskan semua yang telah terjadi dan menganggap semuanya bagian dari masa lalu yang perlu diperbaiki kembali.

Jika kita memilih untuk mengikhlaskan apa yang telah terjadi, maka jangan pernah mengingat kejadian yang dapat membuat kita merasa marah, kecewa , kesal maupun sedih yang pernah seseorang lakukan kepada kita.

Jika kita selalu mengingat kejadian buruk yang pernah seseorang lakukan kepada kita, maka kita tidak akan bisa memaafkannya.

3. Berdamai

Sudahi lah rasa marah, kesal, kecewa dan sedih mu kepada seseorang yang akan kamu maafkan, jika ingin terjalin sebuah hubungan yang baik lagi dengannya maka berdamai lah.

Jangan gengsi untuk memaafkan seseorang, jangan biarkan hubungan baik mu dengannya menjadi retak dan berjarak hanya karena satu kesalahan yang dia perbuat.

4. Ingatlah tentang kebaikan nya

Jangan terus mengingat seberapa besar kesalahan seseorang kepada kita saja namun kita juga harus mengingat hal baik yang pernah dia lakukan kepada kita juga.

Mengingat hal baik yang pernah seseorang lakukan kepada kita dapat membantu dan membuka pintu hati kita agar bisa memaafkannya.

5. Memberikan kesempatan

Jika hati kita sudah bisa memaafkannya lekas jalinlah hubungan yang baik dengannya lagi, meskipun rasa kepercayaan yang kamu berikan untuk dirinya telah berkurang akibat dari kesalahan yang pernah dia perbuat.

Menjalin hubungan pertemanan kembali setelah segala konflik terjadi memang membuat hubungan menjadi sedikit canggung dan terasa kurang nyaman, namun hal itu akan kembali segera membaik seiring dengan berjalan waktu.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan agar hati kita bisa mengampuni ataupun memaafkan seseorang yang telah melakukan sebuah kesalahan yang dapat melukai hati kita.

terlebih lagi untuk diri kita sendiri dan untuk orang lain, jika kita bisa memaafkan seseorang hati akan terasa lebih gembira dan tenang jadi jangan pernah bimbang untuk memaafkan seseorang.

 

 

 

Check Also

Sisi Lain Seorang Petani yang Menginspirasi

Sisi Lain Profesi Petani yang Menginspirasi

Biasanya, jika siswa-siswa di sekolah dasar ditanya apa cita-citamu? Maka mereka menjawab: saya akan menjadi guru, …