Wisata Terkenal di Brunei Darussalam
Masjid Omar Ali Saifuddien (Source Image: Shutterstock)

5 Rekomendasi Wisata Brunei Darussalam

ERUDISI.com – Rekomendasi Wisata Brunei Darussalam yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki. Brunei merupakan negara yang tidak begitu besar. Luasnya hanya  5.765 km². Tapi meski tidak besar tempat ini memiliki banyak sekali yang bisa kita kunjungi.

Mengenal Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan salah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Tiongkok Selatan.

Negara yang beribukota Bandar Seri Begawan ini memiliki bentuk pemerintahan Kerajaan dengan Perdana Menteri saat ini Hassanal Bolkiah. Dalam pemerintah mereka menerapkan syariat Islam yang dikenal dengan Kesatuan Islam Absolut Monarki.

Meski negara Brunei berbentuk kerajaan, sebagai negara maju tempat ini selalu memiliki daya tarik untuk kita kunjungi lho. Bahkan tidak perlu menggunakan kendaraan, dengan berjalan kaki saja kita bisa mengunjungi banyak tempat di kawasan  Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Ini Rekomendasi

1. BRUNEI ENERGY HUB

Museum Brunei Energy Hub ini berada di sekitar dermaga. Tempat ini berisi tentang sejarah minyak dan gas yang merupakan sumber daya alam di Brunei. Bahkan dari sini kita bisa tahu sejarah masyarakat Brunei,  sebelum mereka menemukan minyak dan gas bumi, pekerjaan utama rakyat Brunei Darussalam adalah nelayan dan membuat berbagai kerajinan.

Museum ini sangat interaktif dan banyak edukasi kepada pengunjung.

2. MASJID OMAR ALI SAIFUDDIEN

Masjid ini merupakan masjid tertua di Brunei. Tempat ini sangat familiar bagi para wisatawan yang berkunjung. Tak ada larangan untuk masuk kesini. Hanya saja kita wajib menutup aurat jika memasukinya.

Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat mewah yaitu bergaya Mughal dan Italia. Bahkan beberapa bahan mereka ekspor dari luar seperti marmer dari Italia, lampu gantung dari Inggris sementara karpetnya dari Arab.

Sungguh masjid ini memang membuktikan kesejahteraan negara ini. Setiap lantai ada lift dan pengunjung juga bebas melihat pemandangan dari atas menara.

3. WISATA BRUNEI DARUSSALAM: KAMPONG AYER

Kampong Ayer  disebut sebagai  desa terapung terbesar di Asia Tenggara yang dihuni ribuan penduduk. Tempat ini sering disebut Venesia Dari Timur. Karena hampir sama dengan Venesia di Eropa.

Tempat ini sangat unik karena semua aktifitas mereka lakukan di air. Dari satu desa ke desa lain menggunakan akses perahu. Bahkan sebagian mereka menggantungkan kehidupan mereka di laut.

Satu hal yang menarik juga, tempat ini juga ada fasilitas masjid, rumah sakit, kantor pos dan fasilitas umum lainnya. Bahkan juga tersedia WIFI. Keren.

4. BWN Souvenirs Store

Dalam kompleks Yayasan Haji Hassan Bolkiah yang wajib wisatawan kunjungi adalah BWN Souvernis Store. Disinilah pusat oleh-oleh Brunei yang bisa kita beli. Banyak sekali pilihan souvernir untuk oleh-oleh.

Pelayanan sangat bagus dan kita bebas memilih oleh-oleh khas Brunei Darussalam.

5. MUSEUM ROYAL REGALIA

Tempat ini agak jauh dari kawasan Yayasan Haji Hassan Bolkiah, kira-kira 2 km. Jika kita ingin mengetahui mengenai sejarah negara dan kerajaan Brunei, terutama pada sejak bertahtanya Sultan dan Yang di-Pertuan dari Brunei Hassanal Bolkiah kita wajib mengunjungi museum ini.

Banyak juga berbagai kerajinan dipamerkan dari berbagai negara termasuk Indonesia. Khusus untuk penduduk Brunei gratis masuk ke dalam Museum sementara untuk turis asing berbayar.

Nah itulah 5 rekomendasi wisata Brunei Darussalam yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan artikel ini dan temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.